Stop Kebiasana Buruk Ini
ilustrasi tidur dengan headset (istimewa)

MALANGTODAY.NET-Sebagian orang diantara kita mungkin memiliki kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur. Terkadang kita mengunakan earphone untuk mendengarkan musik favorit hingga tertidur dan tak jarang earphone tersebut akhirnya masih terpasang di telinga dengan kondisi musik yang menyala sampai kita tertidur.

Siapa sangka mendengarkan musik lewat earphone hingga tertidur berbahaya untuk kesehatan sistem pendengaran

Dilangsir dari nationalgeographic, Dokter dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI Harim Priyono, SpTHT-KL (K), mengungkapkan kebiasan mendengarkan musik dengan earphone hingga tertidur berpotensi merusak fungsi pendengaran.

” Sangat disayangkan kadang orang dengar earphone sampai tertidur. Ketika tertidur, kan dia tidak bisa mendengar lagi, tetapi rumah siput tetap menerima energi suara secara berkelanjutan. Bisa terjadi kelelahan pada rumah siput,” terang Harim

Didalam telinga kita, terdapat organ bernama rumah siput atau koklea yang memiliki fungsi mengirim rangsangan suara ke saraf pendegaran dan kebagian otak. Saraf terasebut berpotensi mengalami kerusakan permanen ketika mendapat rangsangan berupa suara keras dari earphone secara terus menerus.

“Alat seperti itu (earphone) bisa memompa energi suara sangat besar dalam sistem pendengaran”, tambah Halim.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mengurangi kebiasan buruk ini sejak sekarang, demi menjaga fungsi pendengaran berjalan dengan baik.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.