Telo ungu (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Tentu kalian sudah pada tahu kan dengan makan yang dicap ndeso ini. Iya ubi kalau bahasa Jawa-nya disebut dengan telo rambat. Di Indonesia masih menganggap sebelah mata telo, karena banyak di sajikan di desa-desa mungkin ya.

Tapi jangan pernah menilai telo ini, di balik ke-ndesoannya ternyata mengandung sejuta manfaat yang tergandung didalamnya.

Sebelum membahas apa saja manfaatnya, sedikit info kali ini kita akan membahas telo ungu ya (selain ungu ada warna kuning atau oranye). Daripada penasaran berikut penjelasannya.

Kandungan telo ungu
Telo unggu (Istimewa)

Tanaman yang bernama latin Ipomoea batatas L ternyata kaya akan vitamin dan mineral. vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A ada didalamnya.

Sedangkan mineral yang dikandung oleh telo ungu di antaranya adalah kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium, weh mantab jiwa ternyata.

Yang lebih hebat lagi telo ungu juga kaya akan serat makanan, antosianin, dan antioksidan. Tak heran kan, jika di beberapa daerah menjadikan makanan ini sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Manfaat telo ungu
ubi ungu (istimewa)

Dikutip dari laman doktersehat.com menyebutkan banyak sekali manfaat dari telo unggu, berikut penjelasannya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Telo ungu yang mengandung banyak antosianin dan polifenol. Keduanya berfungsi untuk menekan stres yang menyebabkan kerusakan oksidatif di dalam tubuh kita. Antioksidan yang ada di telo ungu juga menjadi penangkal radikal bebas, sehingga tubuh kita tidak mudah sakit.

  • Awet Muda

Mau awet muda? konsumsi telo ungu dari sekarang. Terdapatnya antioksidan ini yang berfungsi untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

  • Makanan diet

Telo ungu bisa dimasukan dalam daftar menu diet. Kandungan serat yang tinggi membuat kalian rasa kenyang yang lama. Selain itu juga terdapat lemak dan karbohidrat yang baik untuk tubuh saat menjalani program diet.

  • Obat diabetes

Bagi yang terkena penyakit diabetes jangan khawatir untuk mengkonsumsi si ungu ini. Diyakini jika ubi ungu bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Produk turunan 
Produk olahan telo@Repoeblik Telo

Dulu, ubi ungu biasanya dikonsumsi dengan cara direbus saja. Tapi dengan perkembangan zaman, ubi ungu bisa di olah menjadi berbagai macam produk olahan pangan yang kaya manfaat. Tentu dengan cara ini tidak akan merusak rasa dan manfaat yang terkadung di dalamnya.

Sebut saja seperti olahan berupa puding, bolu panggang atau bolu kukus, bakpao, candil pada bubur sumsum, donat, timus, klepon, dan tentu banyak lagi.

Ice cream telo@Instagram-stayhungry

Untuk menikmatinya pun kita tidak usah repot-repot membuat sendiri. Kita sudah bisa membeli di berbagai outlet makan. Bagi kalian warga Malang bisa mendaptakannya di Telo Mart.

Tempat yang berlokasi di Jl. Raya Malang – Gempol No.62, Sumping Wetan, Turirejo, Kec. Lawang, Malang, ini menyediakan berbagai produk terbaik dari Repoeblik Telo. Atau bisa hubungi Telp (0341) 421400. Selamat mencoba ya! (End)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.