Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Ilustrasi diet (Istimewa)

Penulis : Annisa Eka Safitri

MALANGTODAY.NET – Diet jadi alternatif paling banyak dicari, ketika kamu mau menurunkan berat badan. Hayo ngaku? Dari sekian banyak jenis diet, ada beberapa program diet terbaik di tahun 2018 ini lho!

Diet memang menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, tapi jangan sampai kita melakukan diet ekstrim yang malah merusak tubuh kita.

Daripada menjalani diet yang salah, mending simak yuk, diet apa aja sih yang ada di jajaran Best Diets di tahun 2018 versi usnews.com!

DASH Diet

Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Hindari garam saat menjalani program diet DASH (Istimewa)

Diet yang satu ini bertujuan untuk mencegah dan menurunkan kadar darah tinggi. Cocok nih, buat kamu yang menderita hipertensi atau darah tinggi. Kunci dari diet DASH ini adalah kamu harus mengkonsumsi jumlah kalori yang setara dengan kegiatan dan umur kamu, serta meminimalisir mengkonsumsi garam. As simple as that!

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dalam pemilihan asupan untuk diet yang ada di peringkat satu Best Diets ini. Seperti daging berlemak, olahan susu berlemak, minyak tropis dan makanan atau minuman lainnya yang mengandung gula.

Mediterranean Diet

Kalau diet yang satu ini berawal dari kenyataan bahwa masyarakat yang tinggal di sekitar laut mediterania yang hidup lebih panjang dan terhindar dari penyakit kanker dan kardiovaskular. Tapi setelah diteliti ulang, masyarakat tersebut terhindar dari penyakit kronis karena mereka menjalani gaya hidup sehat, mengendalikan berat badan dan diet daging merah, gula dan lemak jenuh. Akhirnya konsep itu diterapkan dan dipatenkan dengan nama Mediterranean Diet.

Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Daging merah adalah makanan yang nggak boleh dimakan selama menjalani diet Mediterranian (Istimewa)

Proses diet ini sama dengan prinsip makan jangan berlebihan. Kamu ditekankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan minyak zaitu, dan rempah-rempah. Masih diperbolehkan untuk makan seafood beberapa kali dalam seminggu, serta unggas dan olahan susu secukupnya. Nggak terlalu menyiksa, tapi kamu bakal hidup lebih sehat!

The Flexitarian Diet

Buat kamu yang mau menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan, Flexitarian Diet bisa banget dicoba! Dalam diet ini, kita bisa mengganti konsumsi daging dengan golongan daging baru, seperti tahu kacang-kacangan, biji-bijian dan telur.

Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Tahu is the best meat di program diet Flexitarian (Istimewa)

Kok nggak enak banget sih? Eits, jangan salah kaprah. Menurut ahli diet Dawn Jackson Blatner, kita nggak harus menyingkirkan daging dalam menu Flexitarian. Kita bisa menjadi vegetarian sekaligus memakan daging ketika lagi pingin banget! Sesuai dengan namanya, Flexitarian (flexibel dan vegetarian).

Weight Watchers Diet

Diet Weight Watchers pas buat kamu yang mau lose weight dalam waktu dua minggu. Karena diet ini memperkirakan kamu akan kehilangan berat badan sekitar 0.90 kilogram. Caranya? Ada di kecerdasan kamu untuk membandingkan kandungan gizi yang ada di dalam makanan.

Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Perbanyak buah di daftar makanan kamu saat ikut diet Weight Watchers (Istimewa)

Misal, daripada kamu mengkonsumsi sup lobster, mending kamu memilih untuk mengkonsumsi sandwich ayam sayuran yang mengandung kalori setara dengan sup lobster, yaitu 380 kalori. The smarter you choose, the healthier you can get!

TLC Diet

Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Say goodbye to this kind of heaven (Istimewa)

Diet ini bermanfaat banget untuk kamu yang mau menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol, sekarang nggak hanya menyerang orang tua aja, tapi juga anak muda! Nggak mau kan, masih muda tapi penyakitan? Diet TLC bakalan membantu kamu mengurangi kadar kolesterol dalam darah sebanyak 8 sampai 10 persen setiap minggunya. Kunci dari program diet ini adalah menghentikan konsumsi lemak jenuh, yang biasanya ditemukan di olahan susu, daging dan makanan berminyak.

Mayo Clinic Diet

Jangan Salah Program Diet! Ini 8 Diet Terbaik di Dunia
Perbanyak asumsi gula saat dua minggu pertama program diet Mayo Clinic (Istimewa)

Jangan salah kira sama program diet yang satu ini. Ini artinya buat diet makan mayonaise aja ya. Tapi diet Mayo Clinic ini adalah salah satu metode penurunan berat badan dengan memaksimalkan asupan berdasarkan piramida makanan Mayo.

Jadi pada awal menjalani diet Mayo Clinic, kamu bisa makan apapun yang kamu suka, tanpa harus menghitung jumlah kalori yang ada. Setelah dua minggu menjalani metode tersebut, barulah kamu menghitung jumlah kalori yang kamu konsumsi dari makananmu. Enaknya, nggak ada jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi dalam metode diet ini.