Ilustrasi batuk parah (Istimewa)
Ilustrasi batuk parah (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Batuk merupakan penyakit yang biasa muncul terutama saat musim penghujan. Batuk juga tergolong dalam beberapa tingkatan, mulai dari ringan hingga yang sangat parah. Parahnya batuk juga dirasakan oleh salah seorang warga Amerika Serikat (AS) yang bahkan mengeluarkan sedikit bagian dari paru-parunya.

Melansir laman Health melalui Liputan6 pada Jumat (7/12/2018), kasus langka baru-baru ini terjadi pada seorang pria California, AS di mana ia mengeluarkan secuil dari paru-parunya saat batuk. Pria 36 tahun itu dilaporkan dirawat di rumah sakit setelah mengalami palpitasi jantung.

Baca Juga  5 Kelainan Aneh ini Bisa Ubah Kamu Jadi Manusia Super

Pria tersebut dikatakan memiliki alat pacu jantung ditubuhnya. Menurut Laporan yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, pria tersebut kinidirawat di San Fransisco California, Univeristy of California dengan diagnosis gagal jantung kronis. Bahkan dirinya juga memiliki riwayat kesehatan kardiovaskular yang buruk.

Batuk darah dan lendir terus menerus dirasakannya pada seminggu pertama di ruang Intensive Care Unit (ICU). Sampai pada satu ketika ia mengalami batuk yang begitu parahnya yang menyebabkan sepotong pohon bronkial kanannya secara utuh harus keluar. Organ yang berbentuk seperti tabung ini berfungsi mendistribusikan udara ke paru-paru.

Baca Juga  Trump Menang, Sejumlah Warga AS Berfikir Pindah Domisili

“Kami terkejut,” ujar ahli bedah transplantasi dan pulmoner yang menangani kasus itu George Wieselthaler.

“Ini sangat, sangat, sangat langka,” ujar Wieselthaler seperti dikutip dari The Atlantic.

Pasca insiden tersebut, Wieselthaler dan tim langsungmemasang sebuah tabung untuk bernapas di tenggorokannya. Sayangnya, dia meninggal minggu berikutnya akibat komplikasi gagal jantung. Termasuk terlalu banyak cairan dalam darah dan tidak cukup darah yang terpompa.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.