Orang Tua Terapkan Pola Asuh Lebay Pada Anak, Ini Dampaknya!
POla asuh lebay orang tua pada anak bisa berbahaya, lho! @Parenting Mitr

MALANGTODAY.NET – Orang tua memiliki caranya masing-masing dalam mengasuh anaknya. Namun semua hal ada batasnya, termasuk tata cara pengasuhan anak. Belakangan ini yang kerap dikawatirkan adalah bagaimana orang tua menerapkan hyper parenting alias pola asuh ‘lebay’ pada anaknya.

Psikiater asal Harvard University, Alvin Rosenfeld, menyebutkan bahwa pola asuh lebay ini adalah pola asuh fasis karena menjauhkan anak dan orang tua dari hal-hal yang menyenangkan. Pola pengasuhan seperti ini membuat orang tua sering khawatir pada anak padahal sebenarnya tidak terjadi apa-apa.

Baca Juga: Musim Hujan Telah Tiba, Siapkan 5 Hal Ini Dengan Tepat

Dengan pola asuh lebay ini, apa dampaknya untuk anak? Dilansir dari Kompas.com, ini dampaknya.

Keterampilan Sosialisasi Rendah
Keterampilan Sosialisasi Rendah
Kemampuan sosialisasi anak rendah @Parent Map

Dalam riset yang dilakukan oleh Nurul Mufidah dan Muhammad Rifqi, pola asuh lebay ini dapat menyebabkan anak cenderung kurang percaya diri, mudah menyerah, mudah cemas, dan takut menghadapi dunia luar. Akibatnya anak menjadi kurang terampil dalam bersosialisasi.

Emosi Kaku dan Sulit Dikendalikan
Emosi Kaku dan Sulilt Dikendalikan
Emosi anak tak terkontrol @Manhattan Pschology Group

Masih berdasarkan riset yang sama, pola asuh yang demikian itu dapat menyebabkan emosi anak menjadi kaku dan sulit dikontrol. Anak pada akhirnya terlalu terbebani dengan aturan dan tugas yang telah membentuk dirinya yang kemudian berujung pada kesehatan mental.

Baca Juga: Sering Dibilang Bikin Pilek, Ini Manfaat Es Batu yang Nggak Kamu Sangka

Gangguan Aktivitas Fisik
Gangguan Aktivitas Fisik
Fisik anak terganggu @The Injury firm

Ian Janssen menemukan fakta lewat riset di Amerika Utara mengenai dampak pola asuh berlebihan ini. Jika dibiarkan tertalu lama, aktivitas fisik anak akan terganggu. Padahal, aktivitas fisik ini penting dan berpengaruh karena menentukan kesehatan mental, fisik, dan sosial anak.

Rentan Depresi
Rentan Depresi
Anak rentan depresi @Live Well Magazine

Kebiasaan orang tua selalu memberikan arahan pada anaknya membuat anak terbiasa menjadi penurut dan tidak bisa mengembangkan bakat dan potensinya. Segala arahan orang tua terkadang tidak sesuai dengan keinginan anak dan membuat anak tertekan dan terbebani.

Rentan Bullying
Rentan Bullying
Anak rentan dibully @Psychology

Stanford Dean dan Julie Lythcott-Haims menuliskan bahwa anak yang terlalu dikekang oleh orang tua rentan menerima bullying dari sekolah dan lingkungan lainnya. Hal ini karena kurangnya kemampuan komunikasi anak karena aturan-aturan orang tua. Akibatnya, anak abai pada daerah sekitar.

Baca Juga  ​Ya Ampun, Wajah Wanita Ini Mencair..

Baca Juga: Pokoknya Yakin, Percayalah Bahwa 4 Makanan Ini Bisa Perbesar Payudara

Mudah Terkena Penyakit
Mudah Terkena Penyakit
Anak sakit @Chicago Tribune

Pembatasan kegiatan anak rentan menyebabkan penyakit. Orang tua cenderung mencegah anak dari lingkungan dan permainan yang kotor. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology, anak yang tinggal di lingkungan yang terlalu bersih membuatnya rentan terserang alergi dan asma.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar