Ilustrasi @journal.sociola
Ilustrasi @journal.sociola

MALANGTODAY.NET – Akhir bulan kadang menjadi waktu yang melelahkan. Pasalnya, sejumlah kerjaan harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Untuk memenuhi itu, kadang kerja lembur menjadi pilihan agar pekerjaan selesai tepat waktu.

Meski demikian, kerja lembur juga ada plus-minunya, loh. Bagi kamu yang sering kerja lembur, bayangan gaji intensif atau tambahan, akan semakin besar. Lumayan, itu bisa menambah penghasilan tetapmu.

Terlalu sering kerja lembur juga tidak baik bagi kesehatan. Tenaga dan pikiran akan banyak terkuras oleh pekerjaan yang menumpuk. Akibatnya, bisa saja merasa cepat lelah, mudah mengantuk, pucat karena sering begadang, sampai waktu yang berantakan dan produktivitas menurun.

Tapi tenang, kamu yang kerja ‘rodi’ lembur terus-menerus, jangan panik! Seperti dilansir dari halodoc.com, pada Rabu (24/3/2019), empat hal ini bisa kamu lakukan saat bekerja lembur. Empat hal ini juga dipercaya bisa menjaga badan dan produktivitasmu. Yuk simak!

#atur pola makan
Dengan asupan gizi yang cukup, tenaga dan pikiran bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja @hellosehat
Dengan asupan gizi yang cukup, tenaga dan pikiran terjaga sehingga bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja @hellosehat

Kerja lembur memang banyak menguras waktu dan tenaga. Untuk tetap bisa menjaga stamina yang baik, siapkan makanan yang banyak mengandung banyak nutrisi lengkap.

Misalnya, makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Namun, makanan tersebut pastikan mengandung gizi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lantas karena kerja lembur, pola makanan menjadi berlebih. Itu yang tidak baik.

Pengaturan pola makan juga menjadi penting. Kalau memang sudah mengetahui akan kerja lembur, sebaiknya persiapkan pola makan sejak awal. Kamu bisa melakukannya sampai empat kali, pagi, siang, sore, dan malam.

Pola makan malam hari tentunya berbeda. Usahakan tetap mengonsumi buah atau makanan yang tidak berkarbohidrat tinggi.

#lakukan olahraga ringan
Melakukan peregangan ringan bisa merilekskan tubuh dan pikiran saat bekerja @geosiar
Melakukan peregangan ringan bisa merilekskan tubuh dan pikiran saat bekerja @geosiar

Selain menjaga pola makan, melakukan olahraga ringan saat kerja lembur juga dianjurkan. Hal ini untuk melemaskan tubuh yang kaku karena lama duduk bekerja di depan komputer. Selain itu, dengan olahraga ringan juga bertujuan untuk merilekskan pikiran dan mata, sehingga tidak mudah lelah.

Lakukan olahraga berjalan kaki, naik turun tangga, atau melakukan peregangan sejenak untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Hal-hal kecil ini bisa kamu lakukan di sela-sela istirahat dari pekerjaan kantor yang bejibun.

#menjaga cairan tubuh
Kesegaran air putih (air mineral) bisa mengurangi dehidrasi dan mengembalikan fokusmu dalam bekerja @yourbanize
Kesegaran air putih (air mineral) bisa mengurangi dehidrasi dan mengembalikan fokusmu dalam bekerja @yourbanize

Sudah tidak asing lagi kalau kopi menjadi teman lembur yang setia. Dengan kopi, mata bisa terus terjaga sehingga kerjaan pun bisa tetap berlanjut. Alih-alih pengganti kopi, lebih baik penuhi cairan tubuhmu dengan minum air putih. Jelas bahwa air putih bisa mengurangi dehidrasi dan menjaga pikiran agar tetap fokus saat bekerja.

Apalagi bagi kamu yang sehari-hari kerja di depan komputer. minum air putih sangat dianjurkan untuk menjaga punggung dari rasa sakit karena kekurangan cairan.

Idealnya, setiap orang dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelar atau 2 liter air dalam sehari. Namun, takaran ini bergantung aktivitas fisik, kondisi lingkungan, kondisi fisik, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah merasa haus, segeralah untuk memenuhi kebutuhan cairanmu dengan minum air putih. Demikian pada saat kamu sedang kerja lembur.

#konsumsi suplemen
Tidak ada salahnya jika mengonsumsi suplemen kesehatan, tapi harus dengan resep dokter @hellosehat
Tidak ada salahnya jika mengonsumsi suplemen kesehatan, tapi harus dengan resep dokter @hellosehat

Jika kamu tidak bisa memenuhi asupan gizi secara cukup setiap hari, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, jangan sembarang mengonsumsi suplemen. Peran dokter sangat penting untuk memberikan rekomendasi pilihan dan dosis suplemen yang hendak dikonsumsi.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menerapkan empat hal ini saat lemburan. Enggak mau dong pekerjaan terbengkalai gegara kondisi tubuh dan produktivitas menurun, sehingga kamu mendapat semprot dan potongan gaji! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.