Pertolongan Pertama Leher Kaku Buat Kamu yang Salah Tidur!
Ilustrasi leher kaku @Flickr

MALANGTODAY.NET – Posisi tidur yang salah kerap menjadi penyebab terjadinya leher kaku. Kondisi ini sama sekali tidak menyenangkan bagi setiap orang karena membuat orang tidak nyaman ketika ingin menggerakkan leher yang kemudian mengganggu aktivitas.

Dilansir dari Tempo.co, Sabtu (5/1/2019), cara meredakan leher kaku tergantung pada penyebabnya. Namun untuk pertolongan pertama, es akan menjadi solusi tepat untuk mengurangi pembengkakan dan mati rasa. Namun dengan catatan bahwa perawatan ini dilakukan dalam 48 jam pertama dari cedera.

Baca Juga  Kebiasaan Sepele yang Bikin Bodoh, Camkan Anak Muda!

Caranya adalah melapisi es terlebih dulu dengan kain untuk mengurangi radang dingin. Letakkan es selama 20 menit di bagian leher yang sakit lalu rehat selama 20 – 30 menit. Selain es, pemanas otot juga dapat mengendurkan otot yang tegang dan memberikan rasa lega.

Jika kedua cara tersebut tidak berhasil, maka solusinya adalah mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen. Obat tersebut bermanfaat untuk mengendurkan otot yang kaku dari dalam. Jangan lupa untuk meregangkan otot leher dengan lembut dan menghentikannya saat dirasa sakit.

Meski begitu, hal penting yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa tempat tidur. Kasur yang terlalu keras dan bantal yang tidak sesuai dengan posisi tidur bisa membuat otot leher makin kaku. Sedangkan saat tidur, perlu diketahui bahwa kepala, leher, dan punggung harus dalam posisi sejajar.

Baca Juga  Ingin Redakan Stres, Girls? Gampang, Endus Saja Keringat Pasanganmu!

Pijat juga bisa menjadi solusi mengatasi leher kaku selepas bangun tidur. Namun perlu digarisbawahi bahwa belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pijat dapat menyembuhkan leher yang kaku secara langsung. Tetapi secara klinis, pijat bisa membantu menghilangkan stres yang berdampak pada membantu mengatasi kekakuan di leher.

Selamat mencoba, Zens!


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.