Hari Air Sedunia @MalangTODAY.net
Hari Air Sedunia @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Tingkat persediaan air bersih menjadi fokus tersendiri bagi pemerintah atau pihak terkait. Untuk daerah-daerah yang memiliki tingkat krisis air tinggi, hal ini tentu menjadi beban berat. Sebab, air bersih ini akan sangat bergantung dengan kondisi kesehatan warganya.

Setaip warga berhak untuk mendapatkan fasilitas air bersih. Air bersih ini sudah seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk daerah yang memiliki tingkat air bersih yang cukup, masyarakatnya harus bijak menggunakannya. Sementara untuk daerah yang terkenal sebagai daerah krisis air, maka harus mencari alternatif penyedia air.

Lalu, kenapa sih kita harus menggunakan air bersih? Jawabannya kembali lagi ke ulasan sebelumnya. Kita harus menggunakan air ini agar terhindar dari penyakit. Berikut ini adalah lima penyakit yang bisa menyerang kita jika kita tidak menggunakan air bersih.

1. Diare

Ilustrasi Diare @Kompasiana
Ilustrasi Diare @Kompasiana

Diare adalah salah satu penyakit yang cukup umum terjadi. Penyakit ini disebabkan karena kita mengonsumsi minuman dan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri E. Coli. Saat terserang diare, tubuh akan kekurangan cairan. Oleh karenanya, saat terserang diare kita harus meminum cairan pengganti seperti oralit.

2. Tifus

Ilustrasi demam akibat tifus @Jagad
Ilustrasi demam akibat tifus @Jagad

Penyakit kedua yang bisa menyerang adalah tifus. Tifus disebabkan oleh terinfeksinya tubuh oleh bakteri Salmonella Typhi. Umumnya, bakteri ini disebarkan oleh lalat. Jadi, hati-hati ya dengan makanan atau minuman yang dikerubungi oleh lalat. Sebab, kita tidak tahu sebelumnya lalat tersebut hinggap dimana.

3. Cacingan

Ilustrasi cacingan @Thinstock
Ilustrasi cacingan @Thinstock

Kalau yang ini, umumnya karena  kita jarang cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu juga bisa karena jarang memotong kuku. Cacingan bisa terjadi ketika telur cacing masuk ke dalam tubuh. Telur-telur tersebut masuk tangan kita dan tanpa cuci tangan kita langsung mengambil makanan.

4. Iritasi kulit

Ilustrasi iritasi Kulit @Hello Sehat
Ilustrasi iritasi Kulit @Hello Sehat

Kalau yang ini, biasanya sering muncul di daerah terdampak banjir. Kulit menjadi sensitif bahkan luka akibat terpapar dengan air tercermar. Iritasi kulit akan ditandai dengan gatal-gatal. Jika dibiarkan maka hal tersebut akan semakin parah.

5. Hepatitis A

Ilustrasi virus Hepatitis A @barfblog
Ilustrasi virus Hepatitis A @barfblog

Hepatitis A adalah penyakit yang dibawa oleh virus hepatitis A dan menyerang organ hati. Beberapa ciri orang yang mengalami hepatitis A yaitu diare, kelelahan, hilang nafsu makan, demam, dan mual.

Nah, ZensTODAY nggak mau kan terserang penyakit-penyakit itu? Oleh karenanya, kita harus menjaga dan melestarikan keberadaan air bersih. Selamat Hari Air Sedunia!

(AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.