Ilustrasi helm kotor @ typhoonhelmets
Ilustrasi helm kotor @ typhoonhelmets

MALANGTODAY.NET Helm merupakan aksesoris wajib bagi siapapun pengendara roda dua yang hendak bepergian. Gak cuma sekedar peraturan, memakai helm juga mengurangi resiko kamu mengalami benturan keras. Tapi kamu harus selalu ingat ya untuk selalu cuci secara berkala helm kamu kalau gak mau kena seboroik.

Bernama lengkap Dermatitis Seboroik, jangan pernah sesekali anggap sepele. Melansir dari laman gridoto, penyakit mengerikan ini merupakan penyakit yang bisa mengancam kepala jika jarang mencuci helm.

BACA JUGA: Bukan Puti Guntur Soekarno, Ternyata Ini Kandidat Kuat Pengganti Risma

Gejalanya penyakit dermatitis seboroik sering disangka ketombe, tapi bisa jadi komplikasi yang lebih parah karena kulit kepala bisa mengelupas. Menurut laman hellosehat, seboroik merupakan suatu kondisi kulit yang menyebabkan bercak bersisik dan kulit merah, terutama pada kulit kepala.

Kasusnya kini diderita lebih dari 2 juta kasus per tahun di Indonesia. Kondisi ini juga dapat terjadi pada area yang berminyak di tubuh, seperti wajah, dada bagian atas, dan punggung.

Selain patch bersisik dan kulit merah, seborrheic dermatitis dapat menyebabkan ketombe yang membandel. Pengobatan melibatkan perawatan diri dan sampo obat, krim, dan lotion. Perawatan berulang mungkin diperlukan.

Sengaja gak tampilkan gambar penyakit seboroik di artikel ini karena dijamin kurang menyenangkan buat dilihat. Tapi intinya kulit kepala bakal jadi bersisik dan mengelupas.

BACA JUGA: 5 Kisah Horor Legendaris Kampus ITB Bandung, Bayanginnya Aja Ogah!

Saat kepala kita mengalami panas, basah dan pengap saat memakai helm yang kotor kepala bisa jadi berminyak dan jadi sarang bakteri yang menyebabkan seboroik.

Daripada sampai kena penyakit ini, sebaiknya rajin-rajin deh mencuci helm Zens. Lagipula gak susah kok mencuci helm, ada tips mudah membersihkan helm.

Agar gak tumbuh jamur atau jadi penyakit, helm perlu dibersihkan atau dicuci. Siapkan juga peralatan seperti sikat gigi, kain bersih, busa, dan produk pembersih.

BACA JUGA: Bikin Elus Dada, Ini 3 Hal Kontroversi Sandiaga Uno Pasca Jadi Cawapres


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...