Ilustrasi @sumberayu
Ilustrasi @sumberayu

MALANGTODAY.NET – Mudik memang menjadi perjalanan yang menyenangkan. Meski lebaran masih lama, segala persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Terutama, pemesanan tiket bagi warga Malang yang berasal dari luar kota.

Segala persiapan sudah dilakukan. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kenyamanan dan keselamatan diri. Hal ini penting sebagai penunjang perjalanan mudik bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Saat mudik, kenyamanan menjadi prioritas utama. Selain kenyamanan dari armada transportasi, kenyamanan diri juga perlu diperhatikan. Utamanya bagi perempuan, yang notabene harus memerhatikan segala aspek termasuk daerah kewanitaannya.

Melakukan perjalanan jauh dan duduk berjam-jam, membuat area kewanitaan menjadi lebih lembab dari biasanya. Apalagi jika ZensTODAY sering bolak-balik ke kamar mandi umum di tengah perjalanan.

Hal tersebut membuat perempuan harus memperhatikan kebersihan dan kondisi area kewanitaannya selama perjalanan.

“Tipsnya adalah pertama jangan pakai pakaian ketat selama perjalanan, apalagi kalau perjalanan darat yang panjang. Jangan lupa juga membawa alkohol spray untuk membersihkan toilet di kamar mandi umum,” ucap dr. Anggraeni Noviandini, Sp.KK, dari NMW Clinik, seperti dilansir dari Suara.com, pada Senin (20/5/2019).

Dokter Anggraeni juga menyarankan untuk mengurangi pemakaian panty liner. “Tapi kalau memang terpaksa menggunakannya, sering-sering ganti panty liner, mengingat keputihan biasanya akan keluar saat kita kelelahan di perjalanan,” lanjutnya.

Jika tidak menggunakan panty liner, dia menyarankan agar mengganti celana dalam rutin dilakukan, agar area kewanitaan tetap segar dan bersih.

“Nah, sesudah dari toilet, dikeringkan sebelum pakai celana dalam lagi. Jika tak yakin air di toilet umum itu bersih atau tidak, sebaiknya siapkan air mineral dalam botol atau air bersih unutk digunakan membasuh area kewanitaan,” tambahnya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari area kewanitaan dari bakteri jahat penyebab infeksi. Tips ini juga membuat kulit di organ intm tidak mudah iritasi, yang menyebabkan gatal atau lecet.

Kapan, nih, warga kodew—‘wedok’ (Indo: wanita) Malang mudik ke kampung halaman? Perhatikan tips ini ya biar selamat dan bahagia sampai tujuan. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.