Saat Operasi Tumor Otak, Pasien Ini Malah Main Gitar
Musa Manzini menjalani operasi pengangkatan tumor otak sambil bermain gitar @NBC News

MALANGTODAY.NET – Umumnya, pasien yang menjalani operasi bedah akan diberi anestesi atau bius secara total untuk menghilangkan rasa sakit saat operasi. Namun hal unik justru terjadi di Afrika Selatan. Alih-alih tertidur, pasien ini justru memainkan gitar saat sedang dioperasi.

Dilansir dari Suara.com, Minggu (30/12/2018), musisi jazz asal Afrika Selatan bernama Musa Manzini mengejutkan banyak pihak. Manzini yang tengah menjalani operasi pengangkatan tumor otak dibuat tetap terjaga selama proses pengangkatan. Uniknya, ia menghabiskan waktu enam jam untuk memainkan gitar.

Baca Juga  Ilustrator Ini Ajak Anak-anak Deskripsikan Tuhan, Keren Atau Ngawur?

Menurut dokter ahli bedah yang menangani Manzini, dr. Basil Enicker, penanganan ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan saraf pada otak. Cara ini dilakukan agar otak tidak kehilangan fungsi motorik yang dapat mengendalikan gerakan.

“Dengan cara ini, kita dapat menguji daerah otak sebelum tumor diangkat. Ini memungkinkan untuk peningkatan pengangkatan tumor, sambil meminimalisir kerusakan pada otak,” kata dr. Basil.

Baca Juga  Penasaran Rasa Sperma Menurut Wanita? Ini Pengakuannya!

Keputusan untuk menjalani operasi seperti ini juga disetujui oleh Manzini. Ia menyebut hal ini sebagai pertimbangan karir sebagai seorang musisi. Pasien sendiri diketahui merupakan dosen multi-instrumentalis di salah satu universitas di Afrika Selatan. Pasca operasi, Manzini disebut ia akan segera kembali ke panggung untuk bermain musik.

Operasi ini dilakukan di Inkosi Albert Luthuli Central Hospital, Durban, Afrika Selatan. Selain dr. Basil Enicker, operasi ini juga dilakukan oleh dr Rohen Harrichandprasad yang juga bagian dari tim ahli bedah saraf spesialis.


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.