Tak Sempat 'Berlibur', Lakukan 5 Aktifitas Bermanfaat Ini saat Liburan
Ilustrasi berolahraga (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Banyak yang berkesimpulan bahwa melakukan olahraga saat berpuasa maka mampu membatalkan ibadah puasa tersebut. Pasalnya olahraga biasanya banyak mengandung aktivitas yang cukup berat sehingga banyak memicu kehilangan cairan tubuh secara singkat dan membutuhkan minum untuk kembali mengisi cairan tubuh tersebut.

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan Ice Cream, Kenapa Tidak! Ini Manfaatnya

“Padahal faktanya olahraga masih dibutuhkan walaupun saat sedang berpuasa hanya saja porsinya yang dikurangi,” ungkap kepala Puskesmas Ciptomulyo, Edi Dwitanto, Rabu (30/05). Ia menambahkan jika dalam keadaan normal porsi berolahraga mencapai 100 persen maka ketika berpuasa hanya membutuhkan 60-80 persen.

Kepala Puskesmas Ciptomulyo, Edy Dwitanto@Choirul Anwar/MalangTODAY

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Edi tersebut mengungkapkan bahwa saat berpuasa sebaiknya menghindari olahraga yang berat demi meminimalisir pengurangan cairan tubuh. Sehingga diungkapkan bahwa contoh olahraga yang dilakukan seperti berlari lambat, berjalan, senam dan beberapa peregangan otot tubuh.

“Porsinya juga harus berkurang. Jadi kalau misalnya olahraga berjalan sampai 10km maka saat sedang berpuasa cukup dilakukan dengan jarak 6-8 km,” imbuh Edi. Selain itu ia juga menambahkan bahwa walaupun berolahraga masyarakat juga harus tetap menjaga pola makan pasca melakukan olahraga dibulan puasa.

Baca Juga: Tiga Manfaat Mentimun yang Tak Banyak Diketahui Orang

Salah satunya adalah menjaga untuk tidak mengkonsumsi makanan berminyak sehingga tidak membuat olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia. “Karena kalau makanan berminyak yang dikonsumsi maka lemak akan tetap menumpuk karena porsi dalam berolahraga berkurang drastis saat menjalankan ibadah puasa.” Tandasnya.

Reporter: Choirul Anwar
Editor    : Annisa Eka Safitri

Loading...