Mitos Dibalik Kerokan yang Katanya Ampuh Bisa Sembuhkan Masuk Angin
Mitos kerokan@INT

MALANGTODAY.NET– Banyak yang menganggap bahwa kerokan merupakan salah satu alternatif yang cukup jitu untuk menyembuhkan penyakit masuk angin. Namun hal ini ternyata hanyalah sebuah mitos belaka. Kepala Puskesmas Arjowinangun, Kota Malang Amelia Finda membongkar mitos tersebut.

“Jadi sebenarnya kerokan dapat menyembuhkan masuk angin adalah mitos. Karena pada dasarnya masuk angin sendiri merupakan sebuah deskripsi penyakit pada masyarakat awam,” ungkap Lia sapaan akrabnya. Ia juga mengungkapkan bahwa penjelasan mengenai masuk angin dalam dunia medis masih belum ditemukan.

Baca Juga: Waspada, Culex Tritaeniorhynchus! Nyamuk Jenis Baru yang Mematikan

Puskesmas Arjowinangun Capai Program KB Jangka Panjang
Kepala Pukesmas Arjowinangun drg. Camelia Finda Arisandi (Choirul Anwar)

Lebih lanjut, menurut lia deskripsi masuk angin sendiri dapat dikategorikan cukup banyak. Yakni infeksi saluran pernapasan (ispa) biasanya disebut sebagai masuk angin, kemudian demam juga biasanya juga disebut dengan masuk angin.

Selain itu perut kembung dan begah juga biasa dikatakan sebagai masuk angin oleh masyarakat umum, serta merasakan pusing dan sakit kepala biasanya juga dapat dikatakan sebagai masuk angin.

“Padahal kalau di dunia medis setiap penyakit ada jenisnya. Secara nalar, penyakit masuk angin sendiri bukanlah sebuah gejala angin yang masuk kedalam tubuh kita hingga menyebabkan sakit,” lanjut Lia. Oleh sebab itu, kerokan sendiri maka dapat disimpulkan merupakan sebuah mitos yang cukup dipercaya oleh banyak masyarakat.

Baca Juga: Selain Memudahkan Pencernaan Makanan, Permen Karet Cocok untuk Program Diet

Puskesmas Arjowinangun Capai Program KB Jangka Panjang
Pelayanan di Puskesmas Arjowinangun@Choirul Anwar/MalangTODAY

Namun terkadang masih banyak yang mengatakan bahwa kerokan dapat menyembuhkan. “Hal ini dikarenakan kerokan merupakan salah satu cara penguraian asam laktat pada otot sehingga mampu menimbulkan efek relaksasi sehingga mampu menambah ketotalan ketika beristirahat.

Ditambah lagi dogma bahwa kerokan dapat menyembuhkan penyakit sudah cukup meluas sehingga hal ini mampu menambah kekuatan imun untuk terus meregenerasi tubuh untuk melawan penyakit,” pungkasnya.


Reporter: Choirul Anwar
Editor    : Endra Kurniawan

Loading...