Riset Membuktikan Merokok Bisa Ubah Manusia Jadi Mutan!
Ilustrasi mutan @CBR

MALANGTODAY.NET – Ada fakta dari riset terbaru yang menyatakan bahwa merokok dapat menyebabkan manusia dapat berubah menjadi mutan. Namun jangan bayangkan kalau kamu bakal punya kemampuan mutan layaknya di film X-Men, tapi menjadi mutan dalam arti lain.

Menjadi mutan yang dimaksud adalah mengubah susunan gen manusia. Merokok dapat memberikan efek yang dapat merusak susunan DNA yang merupakan material genetik utama yang membentuk organisme. DNA akan mengalami mutasi karena merokok.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Timbul Akibat Olahraga, Bisa Bikin Ilfeel Pasangan!

Dilansir dari Tempo.co, riset dari King’s College london yang dipublikasikan dalam jurnal Science menunjukkan adanya peningkatan mutasi dalam tubuh perokok. Akibat lain dari mutasi ini adalah meningkatkan resiko munculnya kanker.

“Dengan mengidentifikasi akar penyebab kanker, kita bisa mempertimbangkan lebih serius pencegahannya,” ujar peneliti utama David Phillips.

Hingga saat ini, senyawa dalam asap rokok diketahui dapat meningkatkan resiko kanker minimum 17 jenis kanker. Saat sebagian senyawa merusak DNA, sebagian senyawa lainnya memicu terjadinya mutasi sel. Semakin banyak sel yang bermutasi, resiko kanker makin tinggi.

Baca Juga: Awas, Barang-barang di Kamar Ini Bisa Picu Kanker!

Sementara itu, peneliti biologi dari Los Alamos National Lab, Ludmil Alexandrov, menilai mutasi tersebut seperti permainan Russian Roullette, yakni permainan keberuntungan yang menggunakan pistol berisi satu peluru ke kepala.

“Anda bisa beruntung senyawa kimia tak menyerang gen. selama masih merokok, anda tetap terlibat dalam permainan itu. Jadi, memang lebih baik tidak usah merokok,” tandas Alexandrov.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...