Manfaat Garam Bagi Wajah yang Tidak Pernah Diketahui
Manfaat garam untuk kecantikan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Siapa yang tidak tahu dengan garam, salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa ini ternyata memiliki fungsi lain untuk wajah. Hal ini terkait dengan ramuan yang pada zaman dahulu kala dapat mempercantik wajah bagi wanita yang notabene tidak memiliki makeup dan digunakan pada masa ketika Belanda menguasai Indonesia.

Baca Juga: Oh Tidak! Zodiak Ini Diprediksi Akan Bokek di Bulan Mei!

“Soalnya pada jaman dahulu tidak ada dokter untuk merawat kulit. Jadi kami menggunakan garam untuk mempercantik diri,” ungkap Sarmini warga Pakisaji. Ia juga mengungkapkan ketika masa mudanya adalah wanita paling cantik dalam satu desa.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Janny yang merupajan salah satu dokter spesialis kulit dan kecantikan. Menurutnya garam memang mampu menyembuhkan jerawat dan bopeng pada muka.

“Hal ini dikarenakan kandungan potasium maupun belerang yang terdapat di dalam garam. Dua komponen ini akan bekerja untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa menimbulkan jerawat,” imbuh Janny sapaan akrabnya kepada MalangTODAY belum lama ini. Ia juga mengungkapkan bahwa dengan penggunaan yang benar, garam memang mampu memberikan manfaat pada wajah.

Janny juga menjelaskan penggunaan garam untuk menghilangkan jerawat dan kotoran wajah adalah dengan merebus air garam dan memanfaatkan uapnya yang dihadapkan langsung ke wajah dengan durasi 15 hingga 20 menit.

Baca Juga: 5 Jajanan Korea Selatan Ini Pas Banget Buat Buka Puasa!

“Sedangkan untuk perawatan wajah berbopeng adalah dengan memanfaatkan air garamnya lalu di celupkan handuk dan dibasuh ke wajah dengan durasi 10 sampai 15 menit dalam kurun waktu satu minggu dilakukan selama dua kali,” pungkasnya.


Reporter: Choirul Anwar
Editor    : Endra Kurniawan

Loading...