Bukan Cuma Gula, 4 Makanan Ini Bisa Sebabkan Diabetes!
Ilustrasi penderita diabetes @Daily Post

MALANGTODAY.NET – Hal mendasar yang paling diketahui masyarakat seputar penyakit diabetes diakibatkan karena konsumsi gula berlebih. Memang benar bahwa kadar gula lebih bisa menyebabkan tubuh kelebihan gula. Alhasil, keadaan itu bisa membuat pankreas tidak memiliki cukup insulin untuk memecah semuanya, itu.

Namun ternyata, bukan hanya gula yang bisa menyebabkan diabetes. Beberapa makanan ini juga memiliki potensi yang kurang lebih sama bahayanya dengan gula. Makanan apa saja itu? Ini dia ulasan selengkapnya dirilis dari Winnet News.

Lemak Jenuh
Lemak Jenuh
Ilustrasi makanan yang mengandung lemak jenuh @Odyssey

Makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi biasanya didapati di komposisi makanan kemasan. Lemak jenuh atau saturated fat jika dikonsumsi dengan jumlah yang tinggi bisa menyebabkan kolesterol naik. Kolesterol tinggi bisa picu diabetes tipe 2.

Lemak Trans
Lemak Trans
Ilustrasi frozen food @Toko Mesin

Selain lemak jenuh, lemak trans juga berbahaya untuk penyaklt ini. Trans fat sebenarnya merupakan penyebab paling umum penyakit kanker. Sama halnya dengan saturated fat, lemak trans bisa meningkatkan kolesterol yang menyebabkan diabetes tipe 2. Biasanya ditemukan di pie, margarin, muffin, dan frozen food.

Daging Merah
Daging Merah
Daging merah @The Globe and Mail

The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2011 menyebutkan bahwa daging merah juga memicu resiko diabetes. Setiap satu ons daging merah, ternyata bisa meningkatkan resiko hingga 19 persen resiko penyakit tersebut. umumnya, daging merah digunakan untuk steak.

French Fries
French Fries
French fries @The Splendid Table

Kentang goreng ini sering ditemui di cafe-cafe tertentu. Pada dasarnya, french fries ini kaya akan karbohidrat dan gula. Apalagi proses memasaknya bisa memicu tingginya kandungan lemak trans. Kadar gula darah bisa melonjak drastis lho! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.