Awas, Makan 3-4 Telur Per Minggu Bisa Bikin Mati Muda!
Ilustrasi makan telur @The Sun

MALANGTODAY.NET – Telur menjadi salah satu makanan yang selalu ada dan mudah ditemui, baik di rumah maupun di tempat-tempat makan. Selain rasanya yang lezat, harganya yang ekonomis plus cara memasaknya yang mudah membuatnya selalu menjadi ‘menu utama’ dalam hidangan. Namun tahukah ZensTODAY kalau konsumsi telur terlalu sering bisa menyebabkan mati muda?

Yap, dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (19/3/2019), pernyataan ini diungkapkan dalam riset ilmiah publikasi Jurnal Medis JAMA. Dalam penelitian tersebut, orang yang mengonsumsi 3-4 buah telur per minggu atau yang setara dengan 300 mg kolesterol makanan per hari memiliki resiko sakit jantung dan kematian dini dibandingkan orang yang memakan makanan itu di bawah jumlah yang disebutkan.

“Telur, khususnya kuning telur, adalah sumber kolesterol utama dalam makanan,” tulis peneliti utama, Victor Zhong, Departement of Preventive Medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine in Chicago.

Telur, menurutnya, memiliki kadar kolesterol sebesar 186 mg kolesterol. Peneliti memeriksa enam kelompok studi di Amerika Serikat (AS) sebanyak 29 ribu orang dengan rentang usia 17,5 tahun. Selama masa tindak lanjut, terjadi sekitar 5.400 kejadian masalah kardiovaskular. Rinciannya, 1.302 stroke fatal dan non fatal, 1.897 gagal jantung dan non fatal, dan 113 kematian akibat jantung.

Dalam analisisnya, Zhong mencoba menambahkan konsumsi 300 mg kolesterol tambahan per hari. Hasilnya, resiko penyakit jantung meningkat 3,2 persen lebih tinggi dan resiko kematian dini mencapai 4,4 persen lebih tinggi. Selain itu, tambahan setengah telur yang dimakan per hari meningkatkan resiko kardiovaskular 1,1 persen lebih tinggi dan kematian dini 1,9 kali lebih tinggi.

Namun perlu dicatat, peningkatan resiko kematian dini ini bukan semata-mata karena telur. Hal ini juga bisa disebabkan karena gaya hidup masa kini dan perilaku tidak sehat seperti aktivitas fisik rendah, merokok, dan diet tak sehat. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.