Tiap Hari Cuma Makan Nasi dan Tempe? Ini Dampaknya Pada Tubuh
Nasi dan tempe, perpaduan gizi sempurna @Garis Tengah

MALANGTODAY.NET – Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering ditemukan di hidangan orang Indonesia. Makanan ini sering dijadikan lauk pauk dan hampir tiap hari terdapat di meja makan. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat hampir setiap orang menyukai tempe sebagai makanan sehari-hari.

Dipadukan dengan nasi putih hangat, tempe menjadi makanan kebanggaan dan favorit hampir seluruh masyarakat Indonesia. Tidak semua orang beruntung bisa menikmati santapan sekelas daging dan ikan, namun tempe seolah jadi salah satu makanan pokok di Indonesia.

Baca Juga: Sering Digigit Nyamuk? Berarti 5 Tanda Ini Ada di Diri Kamu

Kandungan Gizi Nasi dan Tempe
Kandungan Gizi Nasi dan Tempe
Gizi tempe sangat maksimal @Wikipedia

Dikutip dari Intisari Online, gizi yang dihasilkan dari nasi dan tempe saja ternyata sangat baik untuk tubuh. Kandungan proteinnya saja sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh. Tak hanya itu, protein dalam tempe termasuk jenis protein sederhana yang sangat mudah diserap tubuh.

Tak hanya nasi, tempe ternyata juga mengandung asupan karbohidrat yang cukup tinggi. Kolaborasi keduanya mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat sehari-jari. Keunikan lain dari tempe adalah mengandung vitamin B12 yang amat jarang ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan.

Baca Juga: Jaga ‘Onderdil’ Tubuhmu dari Bahaya-bahaya Ini, Camkan!

Kandungan dalam tempe dan nasi ternyata juga memiliki pengaruh abik pada pencernaan. Selain itu, komponen flavonoid yang terkandung dalam makanan ini dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.

Sangat menyehatkan, bukan? Meski terkesan sederhana, ternyata makan nasi dan tempe menghasilkan sebuah kolaborasi gizi maksimum. Tapi perlu digarisbawahi, porsi juga harus disesuaikan dan alangkah lebih baiknya ditambahkan dengan sayuran.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...