Ilustrasi camilan buah-buahan @orami
Ilustrasi camilan buah-buahan @orami

MALANGTODAY.NET – Lapar menyerang pada malam hari kadang membuat bimbang. Satu sisi, kalau makan nanti takut gemuk. Lain sisi, kalau perut keroncongan, tidur pun tidak bisa nyenyak. Jadi serba salah!

Namun, tahukah kamu? Ternyata tidur dalam keadaan lapar pun tidak disarankan. Sebab akan menganggu kualitas tidur yang memang sangat baik bagi tubuh. Lalu apa yang bisa dilakukan saat lapar di malam hari menyerang?

Dikutip dari Step To Health via Detikhealth, Selasa (26/3/2019), ada beberapa camilan yang bisa dimakan saat lapar menyerang di malam hari. Camilan ini dijamin tidak akan menambah berat badan dan bisa mencapai kualitas tidur yang baik. Berikut ulasannya!

Pisang dan Almond

Camilan dari buah-buahan memang sangat dianjurkan saat lapar menyerang di malam hari. Salah satu buah yang bisa dijadikan camilan saat malam hari adalah pisang. Buah pisang ini kaya manfaat. Kadungan asam amino, seperti tryptophan dapat membantu mencegah insomnia.

Untuk bisa menikmati camilan ini dengan nikmat, kamu bisa menumbuk pisang dengan menambah irisan kacang almon (kenari). Paduan dua bahan ini juga mampu mengurangi asam lambung dan mulas.

Ilustrasi pisang @majalahkartini
Ilustrasi pisang @majalahkartini
Paduan Susu Hangat dan Kayu Manis

Susu memang terkenal menyehatkan. Salah satu manfaatnya dipercaya dapat menjaga kualitas tidur. Namun, jika diminum sebelum tidur, pilihlah susu yang rendah lemak, susu skim, atau susu yang bebas laktosa.

Pernah coba memadukan susu dengan kayu manis? Ternyata, perpaduan ini bermanfaat juga bagi metabolisme dan pencernaan, loh. Kamu bisa menikmati segelas susu dan kayu manis ini dalam waktu 20 hingga 30 menit sebelum tidur.

Ilustrasi susu dan kayu manis @lifestyle okezone
Ilustrasi susu dan kayu manis @lifestyle okezone
Legitnya Yogurt Dicampur Gandum dan Cranberry

Mengonsumsi yogurt bisa menjadi salah satu kudapan ideal sebelum tidur. Apalagi yogurt ini dicampur dengan gandung, nutrisi dan manfaatnya bakal lengkap. Kamu bisa membuatnya sendiri, loh, dengan mencampurkan setengah cangkir yogurt alami rendah lemak dengan satu sendok gandum.

Perlu kamu tahu, campuran yogurt dan gandum bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan melindungi flora usus dan bisa membuat tidur lebih lelap. Kamu bisa mengonsumsinya dalam 30 menit sebelum tidur.

Selain dicampur gandum, yogurt dengan cranberry juga kaya akan kandungan nutrisi, loh. Kandungan tersebut di antaranya asam amino esensial, vitamin, antioksidan, dan berbagai macam nutrisi yang lain. Selain itu, dengan senyawa probiotiknya, yogurt dapat melindungi flora usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa menikmati yogurt dan cranberry ini sebelum tidur.

Ilustrasi yogurt @health harvard
Sereal Gandum Utuh dengan Susu Almond

Saat lapar menyerang di malam hari, sereal memang bisa dijadikan salah satu camilan yang cocok. Kadungan kalorinya yang rendah, tidak membuat berat badanmu naik. Kamu bisa mencampurnya dengan susu rendah lemak dan kacang almon untuk menambah kelezatannya.

Ilustrasi sereal campur susu @appletreebsd
Smoothies Apel dan Persik

Selain rasanya yang lezat, smoothies apel dan persik merupakan minuman rendah kalori. Kandungan antioksidan dan asam amino dapat merangsang proses detoksifikasi. Oleh sebab itu, dengan meminum smoothies ini, kamu akan mencapai kualitas tidur yang baik.

Ilustrasi smoothies @idntimes
Ilustrasi smoothies @idntimes

Nah, itulah beberapa kudapan yang bisa kamu makan saat lapar menyerang di malam hari. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.