Ilustrasi @sambalahap
Ilustrasi @sambalahap

MALANGTODAY.NET – Tidak dapat dipungkiri lagi, madu memang kaya akan manfaat. Selain bisa digunakan sebagai obat, madu juga kerap kali disandingkan dengan beragam olahan makanan. Namun, seberapa banyak kita dianjurkan mengonsumsi madu untuk kesehatan atau kudapan?

Seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (23/4/2019), para ahli menganjurkan pentingnya mengonsumsi madu dalam jumlah sedang. Artinya, madu dikonsumsi hanya satu sendok makan saja setiap harinya.

Dalam ukuran tersebut, madu memiliki 64 kalori dan 17 gram hula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.

Seorang ahli diet, Jenny Friedman mengatakan bahwa madu juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, elektrolit, ensim, asam amino, dan flavanoid.

“Senyawa ini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan dari madu dan bagian yang membedakannya dengan pemanis lain seperti gula,”ungkapnya.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian mengungkapkan bahwa madu juga dikaitkan bisa mengobati beragam penyakit. Penyakit-penyakit tersebut antara lain gangguan usus, batuk, dan kondisi pernapasan lain.

Madu juga dianggap memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bisa mengobati sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, hingga luka bakar.

Meski dianggapmenyehatkan, mengonsumsi madu dalam jumlah berlebihan justru menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini disebabkan adanya kandungan glukosa atau gula dalam madu.

“Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan peningkatan berat badan dan risiko penyakit kronis, seperti jantung dan diabetes,” kata ahli dien di New York, Meredith Price.

Madu juga tidak dianjurakan untuk dikonsumsi oleh anak-anak di bawah 1 tahun. Alasannya adalah risiko botulisme pada bayi, yaitu racun dari jenis bakteri tertentu yang disebut Clostridium botulinum. Namun, setelah mencapai 1 tahun, pencernaan manusia telah cukup kuat melawan bakteri tersebut.

Ada satu informasi penting bahwa madu yang berwarna gelap mengandung antioksidan lebih tinggi. sayangnya, madu gelap memiliki rasa pahit yang lebih kuat, sehingga tidak terlalu disukai dari segi rasa.

Anda juga dianjurkan untuk membeli madu yang diproduksi secara lokal di sekitar tempat tinggal. Dengan melakukan ini, risiko membeli madu palsu lebih kecil. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.