@foodrepublic
@foodrepublic

MALANGTODAY.NET – Jika dalam sebuah jamuan makan tersaji beberapa makanan dengan rasa yang berbeda-beda. Kemungkinan besar, makanan yang masih tersisa banyak adalah yang bercita rasa pahit. Rasa pahit banyak dihindari karena rasa yang tidak begitu disukai kebanyakan orang. Akan tetapi, walaupun makan pahit banyak dihindari, manfaatnya banyak dan berguna bagi tubuh. Dikutip dari LiveStrong, beberapa diantaranya yaitu;

1.        Mengefisienkan pencernaan

Menurut penulis Jeanine Pollak dalam “Healing Tonics,” pahit membantu proses pencernaanmu lebih efisien. Makanan pahit merangsang enzim dan cairan tubuh untuk mencerna makanan dengan cepat dan efisien.

2.        Penyerapan gizi yang lebih baik

Pollak juga mencatat bahwa pahit dapat membantu tubuh dalam penyerapan lebih banyak nutrisi dari makanan yang kamu makan. Menurut penulis Jim McDonald di “Almanak Herbal Llorklyn 2010,” pahit memberi isyarat perutmu untuk mulai mensekresikan gastrin, hormon yang mengontrol seberapa banyak asam yang diproduksi perut.

Kalau kamu tidak memiliki cukup asam lambung, tubuh tidak sepenuhnya memecah komponen makananmu, termasuk karbohidrat dan protein. Bahkan kalau kamu makan makanan bergizi sehat, tidak ada jaminan bahwa tubuhmu menyerap semua nutrisi itu.

3.        Mengurangi refluks (pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan) asam

Dalam jangka panjang, asam lambung dapat merusak jaringan perut, yang menyebabkan refluks. mengonsumsi makanan pahitsebelum makan akan merangsang produksi asam alami tubuh tanpa perlusuplemen penunjang diet.

4.        Mengurangi konstipasi

Pahit membantu meredakan sembelit dengan dua cara yang berbeda. Menurut McDonald, rasa pahit dapat meningkatkan produksi empedu alami. Empedu membantu hati menyingkirkan racun tubuh dan membantu mencerna makanan sebelum dieksresi.

Rasa pahit juga merangsang usus untuk menghasilkan cukup cairan pencernaan guna membantu buang air besar secara teratur.

5.        Meningkatkan nafsu makan

Dr James Duke menulis bahwa pahit membantu meningkatkan nafsu makan. Dalam “The Green Pharmacy,” Duke dan Michael Castleman mencatat bahwa mengonsumsi makanan pahit sekitar 20 menit sebelum makan memberi sinyal pada tubuh untuk menghasilkan lebih banyak air liur, empedu,  dan asam lambung yang semuanya akan  membuatmu merasa lapar.

Loading...