Jangan Diremehkan, Kekurangan Air Putih BisaTurunkan Daya Fokus
Ilustrasi kebutuhan air putih (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Seluruh masyarakat tentu sangat mengetahui manfaat dari air putih. Bagaimana tidak, pasalnya manusia memang sangat bergantung terhadap air putih dan bahkan banyak ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa selama satu hari, orang dewasa memerlukan sekitar 2 liter air atau 8-10 gelas.

Baca Juga: Kepala Puskesmas Bareng Bagi Tips Pertolongan Saat Keracunan Makanan

Kepala Puskesmas Kedungkandang, dr. Yulia Damayanti@Choirul Anwar/MalangTODAY

“Jadi menjaga tubuh dari dehidrasi sangatlah penting. Jika tubuh mengalami dehidrasi mampu membuat seseorang kehilangan fokus bahkan tidak sadarkan diri,” ungkap dr. Yulia Damayanti, Rabu (16/05). Ia juga mengungkapkan bahwa membiarkan tubuh kekurangan cairan maka akan berdampak buruk.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Yulia menjelaskan bahwa tanda awal tubuh kekurangan cairan adalah kehausan. Ia menambahkan jika seseorang merasakan kehausan maka harus segera minum. Namun jika tetap di biarkan maka rasa haus tersebut akan hilang dan tubuh memasuki fase dehidrasi.

Baca Juga: Hadapi Resiko Terburuk, PSC 119 Agendakan Rekrut Tim Dokter

Suasana di Puskesmas Kedungkandang@Choirul Anwar/MalangTODAY

“Kalau sudah sampai dehisrasi seperti ini maka otak akan memperlambat daya ingatan dan kehilangan fokus pikiran, kesulitan menghitung, membaca, serta memilah pekerjaan,” imbuh Yulia. Ia juga menjelaskan jika hal tersebut terus dibiarkan maka akan berakibat kehilangan kesadaran bahkan kematian. “Oleh sebab itu tetap jaga asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup dengan sehat,” tandasnya.


Reporter: Choirul Anwar
Editor   : Endra Kurniawan

Loading...