Jaga 'Onderdil' Tubuhmu dari Bahaya-bahaya Ini, Camkan!
Ilustrasi organ tubuh manusia @Spooky Blog

MALANGTODAY.NET – Tubuh manusia ibarat mesin mobil yang harus dijaga. Masing-masing onderdilnya memiliki masalahnya masing-masing yang menghalangi mobil dapat berfungsi dengan baik. Masalah aki rusak tentu berbeda penaganannya ketika ban mobil rusak. Hal tersebut berlaku pada hal lainnya.

Tubuh manusia juga demikian. Setiap organ memiliki fungsi sendiri dan masalahnya masing-masing. Jika satu tak berfungsi, perlu penanganan khusus yang tak bisa disamaratakan satu sama lainnya.

Baca Juga: Wadaw! Ternyata Kentut yang Terlalu Lama Ditahan Bisa Keluar dari Mulut

Organ tubuh harus dipelihara dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang ‘ditakuti’ oleh beberapa organ tubuh yang dapat mengganggu fungsi tubuh secara general. Maka dari itu, hindari hal-hal yang mengancam organ tubuh di bawah ini, ZensTODAY!

Ginjal

Organ kembar dalam saluran pencernaan kita ini sangat takut pada makanan yang mengandung kadar garam tinggi dan minuman berkarbonasi, termasuk alkohol. Kebiasaan begadang juga mengganggu organ tubuh satu ini.

Paru-paru

Sebagai motor dalam saluran pernapasan, paru-paru rentan menghadapi ancaman-ancaman udara. Beberapa seperti debu dan polusi udara wajib dihindari demi kesehatan paru-paru. Selain itu, konsumsi rokok juga diharamkan.

Hati

Hati berfungsi menyerap racun dalam tubuh dan mengonversikannya dalam limbah tubuh seperti keringat, urine, dan keringat. Hati ini wajib dihiondarkan dari lemak berlebih dan kebiasaan begadang karena dapat merusaknya.

Baca Juga: Ternyata Kopi Bisa Cegah Orang Bunuh Diri, Loh! Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jantung

Pemompa darah ini punya peran penting dalam kelangsungan tubuh kira. Maka dari itu jagalah jantung kita. Caranya, cukup dengan mengurangi makanan-makanan asin dan mengonsumsi lemak rendah demi kesehatan jantung.

Pankreas

Sebagai penghasil enzim pencernaan, pankreas berfungsi sebagai pentyeimbang dalam tubuh. Maka dari itu, jaga kesehatan pankreas dengan tidak makan terlalu kenyang. Akibatnya nanti bisa fatal, lho!

Usus

Usus ini jadi saluran pencernaan yang berperan penting dalam prosesnya. Maka dari itu, perlu konsumsi makan yang selektif agar usus dapat bekerja dengan optimal.

Baca Juga: Jangan Keliru! Bukannya Sehat, Ini 5 Bahaya Badan Terlalu Gemuk

Mata

Tanpa mata, kita tak akan bisa menikmati dunia yang indah ini. Maka dari itu, kesehatan mata perlu dijaga dengan baik. Caranya, jangan terlalu sering berlama-lama memandang gadget, terlbih lagi di malam hari.

Kantong Empedu

Kantong empedu menghasilkan cairan empedu yang berguna membantu proses pencernaan. Cairan empedu akan diproduksi terus menerus walaupun tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh kita. Jika melewatkan makan, tentunya akan gawat.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar