Ternyata Instagram Bisa Bikin Depresi dan Gangguan Makan, lho!
Dampak kesehatan dari penggunaan Instagram berlebihan @TIME

MALANGTODAY.NET –Instagram menjadi salah satu primadona social media dewasa ini. Media sosial yang memberikan penggunanya akses luas untuk mengunggah dan berbagi foto ini diminati oleh banyak kalangan.

Namun perlu diketahui bahwa dibalik kesenangan menggunakan Instagram, ada bahaya kesehatan yang mengintai penggunanya akibat terlalu sering mengaksesnya. Tak hanya itu, kesehatan mental juga bisa saja terganggu, terutama bagi kalangan anak muda.

Baca Juga: Biji Bunga Matahari Berkhasiat Sebagai Obat Penenang Alami

Dilansir dari Republika, sebuah survei dilakukan oleh Royal Society for Public Health menunjukkan hampir 1500 remaja Britania dengan usia antara 14 sampai 24 tahun merasa depresi dan kesepian setelah menggunakan aplikasi Instagram. Hal itu kemudian terlihat dari pengakuan mereka yang merasa rendah diri yang kemudian berdampak pada kurang tidur.

Tak cukup sampai disitu, penelitian terbaru yang dilakukan Universitas College London menemukan adanya hubungan antara intensitas penggunaan Instagram yang tinggi dan gangguan makan orthorexia nervosa.

Perlu diketahui bahwa orthorexia nervosa adalah sebuah gejala yang menuntun seseorang pada obsesi makan makanan yang dianggap sehat. Seperti yang lumrah diketahui bahwa Instagram menjadi tempat banyak orang membagikan berbagai gaya hidup termasuk gaya hidup sehat.

Nutrisi Tubuh Mulai Tidak Teratur
Nutrisi Tubuh Mulai Tidak Teratur
Penggunaan Instagram berlebihan bisa bikin gangguan makan juga, lho! @Bussiness Insider

Data lain juga diluncurkan oleh ahli yang menunjukkan bahwa perempuan pada rentang usia 20-30 an saat ini kekurangan mineral seperti potasium dan magnesium. Tak hanya itu, mereka juga disinyalir kekurangan zat besi, kalsium, dan iodin.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa remaja Britania yang sering mengakses social media banyak yang mulai membatasi makanannya. Bahkan tak tanggung-tanggung, mereka meninggalkan makanan mengandung gluten, susu, gula hingga biji-bijian.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Ini Mirip Lho Sama Organ Tubuh Manusia!

Gaya hidup yang paling populer dikalangan remaja perempuan yaitu vegetarian. Mereka sama sekali tidak memakan daging maupun ikan. Padahal tubuh mereka masih sangat memerlukan kedua bahan sumber protein tersebut.

“Menghindari kelompok makanan tertentu sedang menjadi tren saat ini. Jika mengikuti gaya diet ini, Anda harus memastikan bahwa apa yang Anda makan memenuhi kebutuhan nutrisi,” ujar ahli nutrisi Dr Emma Derbyshire dikutip Daily Mail Online.


Penulis : Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...