Nyeri Leher @klikdokter
Nyeri Leher @klikdokter

MALANGTODAY.NET – Sekali dua kali kamu pasti pernah merasakan sakit pada leher bukan? Biasanya sakit ini muncul akibat posisi tidur yang salah atau kebiasaan buruk. Berikut ada beberapa contoh kebiasaan buruk yang dilansir dari Laspine:

1.        Postur yang buruk

Rebtel Calling 0002
@Digital Trends

Postur tubuh biasanya akan berubah sesuai dengan aktivitas kita sehari-hari. Coba ingat kembali, seberapa sering kamu memakai ponsel dengan menundukkan kepala? Awalnya mungkin hanya menundukkan kepala, tapi lama kelamaan akan membungkuk. Pada akhirnya postur tubuhmu tak lagi normal. Posisi tulang punggung yang normal bukan lurus, akan tetapi seperti membentuk huruf S. Kalau sudah begini, biasanya kamu akan merasakan nyeri di leher. Maka dari itu, hindari:

a.        Memandang ponsel dibawah level pandang mata

b.        Istirahatkan kepala supaya tidak menunduk terus-terusan

c.        Gunakan meja dan kursi kerja yang memenuhi prinsip ergonomis

2.        Tidur dengan kepala di perut

Posisi Tidur Meringkuk
Posisi Tidur Meringkuk @Cekpremi

Selain menyebabkan sirkulasi yang buruk, tidur dengan posisi ini juga mengakibatkan leher sakit. Kepala dan leher tidak leluasa untuk bergerak dan akan menyebabkan sakit. Kalaupun kamu harus tidur dengan kepala di perut, usahakan menggunakan bantal tipis untuk memudahkan gerakan kepala.

3.        Merokok

Rokok Penyebab Terbesar Kemiskinan di Kota Ini
Ilustrasi rokok @ Googleplus

Bahan kimia tertentu dalam nikotin dapat mempercepat degenerasi pada cakram tulang leher. Nikotin dapat menyempitkan pembuluh darah, memperlambat penyembuhan jaringan, dan proses regenerasi alami oleh sel pada tulang cakram

Berusaha menghilangkan kebiasaan buruk adalah solusi sederhana untuk menghilangkan nyeri leher. Meskipun namanya nyeri leher, biasanya nyeri ini menjalar hingga ke bahu dan lengan. Aktivitasmu akan terganggu dan tidak nyaman lagi karenanya. Juga jangan diabaikan karena dapat berpotensi sebagai penyakt tulang serius.

Kontributor: Almira Sifak Fauziah Narariya

(zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here