Bahaya, Hidup Terlalu Higienis Ternyata Telah ‘Bunuh’ 700 ribu Jiwa!
Ilustrasi higienis @SmallBusiness

MALANGTODAY.NET – Salah satu syarat hidup sehat yang paling lazim adalah membiasakan diri untuk menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, kemungkinan untuk terkena penyakit akan semakin rendah. Namun faktanya, terlalu higienis sekalipun ternyata juga berbahaya. Benar begitu?

Dilansir dari Tempo, Minggu (17/3/2019), sebuah penelitian yang dirilis oleh Nature Communications menyebutkan bahwa tempat dengan tingkat kebersihan tinggi justru menjadi berbahaya. Hal ini karena akan terjadi penurunan keragaman mikroba. Imbasnya, resistensi terhadap antibiotik justru meningkat.

“Di lingkungan dengan kontrol mikroba yang kuat, seperti di unit perawatan intensif, ada peningkatan resistensi antibiotik yang menunjukkan potensi tinggi untuk bergabung dengan patogen,” tutur  Direktur Studi di Institute of Environmental Biotechnology of TU Graz, Austria, Alexander Mahnert.

Resistensi antibiotik ini justru menyebabkan bakteri menjadi sulit dibasmi. Ketika bakteri menjadi sulit dibasmi, akan muncul kuman-kuman super penyebab penyakit yang bisa mengakibatkan pada kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, merilis fakta bahwa resistensi antibiotik menyebabkan sekitar 700 ribu kematian di seluruh dunia. jika tidak ada langkah solutif untuk menyelesaikannya, WHO memperkirakan akan ada sekitar 10 juta kematian secara global tiap tahun pada tahun 2050 mendatang.

Untuk menyelesaikan hal itu, peneliti merekomendasikan penganginan secara teratur untuk ruangan yang higienis. Selain itu, penggunaan mikroorganisme secara hati-hati dan pengurangan pembersih dengan antibakteri dipercaya ampuh meningkatkan keragaman mikroba. Jika hal ini dilakukan, setidaknya akan menciptakan keragaman mikroba yang stabil di wilayah klinis. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.