Daun Kelor, Sayuran Asli Indonesia yang Menyimpan Sejuta Manfaat
Daun Kelor (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Daun Kelor (Moringa Oleifera) ternyata memiliki khasiat yangg cukup dahsyat bagi kesehatan manusia. Daun ini memiliki kandungan yang baik seperti tanaman apotek hidup, karena memiliki senyawa-senyawa yang mampu menutrisi tubuh. Manfaat sayur asli Indonesia ini bahkan sudah tenar hingga mancanegara dan menjadi konsumsi untuk mendukung kebutuhan gizi sehari-hari.

Manfaat Daun Kelor yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber menyebutkan, jika mengkonsumsi sayuran ini setara dengan 17 kali kalsium dalam susu, 15 kali pottasium yang ada dalam pisang, 10 kali vitamin A yang terkandung dalam wortel hingga 9 kali protein yang ada dalam segelas yoghurt.

Bahkan, kandungan vitamin c menurut para peneliti kesehatan juga tidak diragukan lagi, sehingga, mengkonsumsi sayuran ini memiliki banyak khasiat. Beberapa khasiat daun kelor antara lain:

1.Menyehatkan Kulit

Kandungan Vitamin C dan Antioksidan yang ada dalam sayuran asi Indonesia, sangat penting bagi kesehatan kulit. Daun Kelor sudah terbukti mampu membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat. Bahkan, jika ditumbuk dan digunakan sebagai masker terdapat manfaat yang akan terasa langsung di dalamnya.

2. Menangani Diabetes.

Berbagai kandungan yang ada dalam Daun Kelor rupanya bisa mengatasi penyakit diabetes, dengan cara menetralisir gula darah yang ada dalam tubuh. Sayuran ini bisa menjadi insulin alami untuk penyakit diabetes, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin sangat dianjurkan bagi pendertia diabetes.

3. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A dengan kadar 15 kali dari wortel, membuat sayur ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Mengkonsumsi daun kelor bisa membuat mata tetap sehat dan jernih. Bahkan dengan cara tertentu, seperti direbus dan sebagainya, sayuran ini bisa untuk mengatasi sakit mata.

4. Mencegah Kanker.

Kanker merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Namun, jangan khawatir, antioksidan tinggi yang ada dalam Daun Kelor bisa mencegah penyakit mematikan itu. Tak hanya menghambat sel kanker, beberapa ilmuwan menyebut jika mengkonsumsi daun ini bisa membunuh sel kanker hingga ke akarnya.

5. Memperbaiki Mood dan Membantu otak tetap fokus.

Mood yang tidak baik seringkali mempengaruhi pekerjaan. Mengkonsumsi daun kelor teruji bisa meningkatkan mood seseorang dan membantu agar pikiran dan otak tetap fokus dalam bekerja. Kandungan berbagai vitamin dan mineral mampu menstimulasi tubuh untuk tetap bisa fokus dalam bekerja.

6. Mencegah Kerusakan jantung

Jurnal internasional ‘Journal of Medicinal Food’ tahun 2009 lalu telah mengeluarkan penelitian yang membeberkan manfaat Daun Kelor bagi kesehatan manusia utamanya dalam mencegah kerusakan jantung. Antioksidan yang ada dalam daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung.

Ada banyak manfaat daun Kelor untuk kesehatan manusia. Tentunya masyarakat bisa mulai sekarang memanfaatkan sayuran asli Indonesia ini untuk jadi bahan makanan sehari-sehari. Bagi Anda yang kesulitan mendapat Daun Kelor, Repoeblik Telo menyediakan pack ‘Daun Kelor Kering’ dengan berat 100 gram atau setara dengan 8 kilogram daun kelor basah dengan harga Rp 60 ribu perkilogramnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.