Ilustrasi @kaskus
Ilustrasi @kaskus

MALANGTODAY.NET – Selain pedas, di Malang juga bejibun menu makanan bersantan. Seolah menu ini sudah menjadi bagian dari varian santap makan masyarakat Bhumi Arema. Tak pelak, banyak juga warung-warung yang menyajikan olahan bersantan ini.

Jika ZensTODAY kenal dengan sayur lodeh, lauk bali ayam maupun telor, atau opor ayam sekalipun, adalah deretan makanan bersantan. Makanan-makanan ini tentu dekat sekali dengan kehidupan kita. Namun, apakah baik menu makanan tersebut disantap pada bulan Ramadan seperti sekarang ini?

Seperti disarikan dari hellosehat, Selasa (21/5/2019) pada dasarnya tidak masalah jika mengonsumsi menu bersantan saat buka puasa dan atau sahur. Asalkan hal itu tidak berlebihan.

Kekhawatiran yang timbul adalah bila menu santan tersebut dikonsumsi secara berlebihan berefek tidak baik bagi kesehatan, misalnya obesitas. Pada gilirannya juga akan memicu timbulnya penyakit seperti jantung koroner ataupun komplikasi lainnya.

Ilustrasi takjil @airyrooms

Hal ini disebabkan kandungan kalori pada santan yang cukup tinggi, sekitar 552 kalori per 240 gram atau setara dengan segelas santan. Selain itu, 93 persen dari kalori tersebut juga mengandung lemak jenuh. Dua kandungan inilah yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih.

Berbuka puasa dan sahur memang sunah. Namun, adab dalam makan juga tetap harus diperhatikan. Makan secara berlebihan menjadi tidak baik, selain menimbulkan efek kenyang secara langsung juga berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, makanlah secara cukup.

Tidak kalah penting adalah bagaimana mengembalikan tenaga agar kuat menjalani ibadah selama bulan Ramadan. Tidak hanya itu, puasa juga diharapkan tidak menjadi penghalang untuk tetap beraktivitas seperti biasa.

Maka, soal makanan perlu diperhatikan juga. Makanlah makanan yang mengandung gula, vitamin, serat, karbohidrat, dan protein. Makanan-makanan ini banyak didapat dari nasi, ubi-ubian, buah-buahan, sayuran, daging, dan ikan. Dengan demikian, puasa Zens bisa lancar tanpa hambatan. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.