Biji Bunga Matahari Berkhasiat Sebagai Obat Penenang Alami
Biji bunga matahari (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Biji bunga matahari atau kuaci merupakan salah satu camilan favorit masyarakat. Hal ini dikarenakan bentuknya yang cukup unik dan rasanya yang asin dan nagih.

Nggak cuma lezat, kuaci atau biji bunga matahari ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penenang alami. Hal ini dikarenakan makanan favorit tokoh kartun Hamtaro ini mengandung magnesium tinggi yang bagus bagi untuk mengurangi berbagai penyakit.

“Kuaci sendiri memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Sedangkan magnesium sendiri memiliki banyak fungsi bagi tubuh seperti mengurangi penyakit asma, darah tinggi, migraine, mengurangi resiko serangan jantung dan stroke,” ujar Kepala Puskesmas Arjowinangun Camelia Finda.

Baca Juga: Ternyata, Penggunaan Earphone Berlebih Berpotensi Menyebabkan Ketulian

Wanita yang akrab disapa Lia itu mengatakan pengonsumsi kuaci akan cenderung tidak mengalami stress dalam kesehariannya, berkat kandungan magnesium tersebut.

Lebih lanjut, kandungan vitamin E dari kuaci juga berfungsi sebagai pengontrol kerusakan sel mati pada tubuh. Sedangkan ketika manusia mengalami stress setidaknya sekitar 2000 hingga 8000 sel pada tubuh, bekerja secara berlebihan dan menimbulkan kerusakan. Dari situlah selenium bekerja dan memicu perbaikan DNA sintesis pada sel yang rusak.

“Konsep dari obat penenang yang banyak digunakan dalam dunia medis sendiri diambil dari kuaci. Hanya bedanya obat penenang dalam dunia medis cenderung memberikan efek secara langsung sedangkan untuk kuaci sendiri memberikan efek obat penenang secara tidak langsung,” imbuhnya.

Baca Juga: Ini Penampakan Pelican Crossing yang Disebut Anies Seperti ‘Potong Rambut’

Obat penenang dari kuaci dapat dikatakan lebih ampuh. Karena memiliki efek yang berkelanjutan.

“Berbeda dengan yang instan karena dasarnya hanya memberikan ketenangan saat itu saja,” pungkasnya.


Reporter: Choirul Anwar
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...