DNA Day @MalangTODAYnet
DNA Day @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Setiap organisme hidup ditakdirkan memiliki DNA. DNA ini bisa membawa informasi khas dari setiap  organisme tersebut. Termasuk pada manusia, asam deboksiribonukleat ini juga memegang peran penting.

Berdasarkan penelitian terbaru, ternyata molekul yang bisa memetakan pohon keluarga ini bisa berpindah hanya dengan bersalaman atau berjabat tangan. Dilansir dari Science News, penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan Forensik Houston Forensic Science Center, Texas, Cynthia Cale.

Dalam eksperimennya, Gale meminta kliennya untuk berjabat tangan selama 10 detik. Setelah itu, salah satu dari pasangan tersebut diminta untuk memegang pisau. Kemudian, pisau tersebut diseka oleh Gale untuk mendapatkan sampel DNA orang yang memegang tadi.

Hasilnya, materi penyusun gen orang yang tidak memegang pisau ditemukan ada di pisau tersebut. Padahal, orang tersebut tidak melakukan kontak langsung dengan pisau. Ia hanya terlibat kontak langsung dengan pemegang pisau.

Menurut analisisnya, asam berbentuk sepasang pita berpilin ini bisa keluar dari tubuh melalui keringat. Meskipun demikian, hal ini dikatakan sangat jarang terjadi.

Kalaupun molekul yang dalam satu gramnya bisa menyimpan informasi 1 terabyte data itu bisa berpindah tangan dengan semudah itu, perpindahan itu jarang terjadi secara permanen. Sebab, molekul yang berperan dalam pewarisan sifat ini  yang tertinggal pada suatu benda memiliki sifat yang tidak stabil. Artinya, lama kelamaan dia akan terurai.

“DNA yang tertinggal biasanya tidak stabil, artinya DNA akan terurai seiring berjalannya waktu. Kita tidak bisa menggunakan temuan baru untuk menyingkirkan bukti DNA di setiap kasus,” ungkap Ahli Genetika Forensik John Jay College of Criminal Justice, Mechthild Prinz.

Selain itu, teori ini juga tidak berlaku pada pembuktian kasus kriminal. Lebih lanjut, penelitian ini akan terus dikembangkan untuk mengantisipasi transfer DNA secara kebetulan. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.