Ilustrasi lapar (ist)
Ilustrasi lapar (ist)

MALANGTODAY.NET – Pernah merasa lapar lebih cepat padahal sudah makan? Pasti pernah ya Zens. Nah, kondisi ini dapat terjadi karena tubuh kekurangan karbohidrat. Sebagaimana diketahui, karbohidrat adalah salah satu sumber penghasil energi.

Jika asupan karbohidrat dalam tubuh tercukupi, maka otak akan menerima sinyal kenyang. Sebaliknya, ketika kita lapar berarti tubuh kita sedang kekurangan karbohidrat.

Saat manusia kekurangan karbohidrat, maka ia berpotensi untuk lapar lebih cepat. Dalam keadaan normal diketahui bahwa manusia akan bisa merasakan lapar sekitar lima sampai enam jam setelah makan berat.

Begitu juga saat pagi, organ pencernaan sedang gencar-gencarnya menagih asupan karbohidrat pada tubuh. Kalau kita tidak sarapan, maka tubuh akan sulit mencapai rasa kenyang karena tidak ada asupan gula.

’’Malam hari kan kita tidur. Jadi, perut kita sama sekali tidak ada asupan makanan. Pada pagi atau siang hari kita akan lebih sering lapar,’’ ujar dr Budi Widodo SpPD, internis Siloam Hospitals Surabaya dilansir dari Jawapos (13/1/2018).

Saat mengalami kondisi ini, sebetulnya manusia tidak hanya merasa lapar tetapi juga lemas.

“Selain lapar, mereka lebih sering lemas dan tidak bersemangat,’’ jelas Budi.

Selain karbohidrat, mengonsumsi sayur, lemak, dan protein juga bisa jadi alternatif untuk menghasilkan efek kenyang lebih lama. Sayuran yang mengandung banyak serat akan lebih sulit dicerna sehingga butuh waktu lama untuk kembali merasakan lapar. Kemudian untuk lemak dan protein, mereka baru akan dicerna setelah karbohidrat selesai diurai.

’’Ini yang membuat sayuran tetap mengisi lambung sehingga tubuh memberikan respons bahwa perut sudah terisi dengan cukup,’’ jelas Budi.

Lalu, bagaimana dengan efek minum air putih yang juga bisa mengenyangkan? Ternyata meski air mengandung zat mineral nyatanya tubuh masih butuh zat gizi lain untuk bisa mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

’Begitu pipis, lapar lagi deh,’’ pungkasnya.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.