Bahaya Makan Nasi Putih, Bisa Bikin Diabetes Juga, Lho!
Nasi putih yang selama ini kita kenal ternyata memiliki kandungan yang berbahaya untuk tubuhb @The Splendid Table

MALANGTODAY.NET – Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok yang kerap menghiasi setiap hidangan utama. Keberadaan nasi dinilai memenuhi kandungan nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang membantu menjaga stabilitas tubuh. Kebiasaan makan nasi putih dapat dijumpai di negara-negara Asia.

Bagi orang Indonesia, nasi adalah segalanya. Bahkan menurut orang Indonesia, belum makan namanya jika belum makan nasi. Dengan makan nasi, hidangan baru dikatakan afdhol dan sempurna. Tanpanya, kita hanya akan menganggapnya camilan walaupun itu mie ayam, bakso, dan sejenisnya yang notabene cukup mengenyangkan. Bahkan beberapa orang merasa belum makan walaupun sebelumnya sudah makan lontong.

Baca Juga: Malang Dingin? Ini 5 Resep Minuman Hangat yang Berkhasiat

Konsumsi nasi putih dinilai banyak manfaat, yaitu rendah kolesterol dan kaya karbohidrat. Namun perlu kamu ketahui ada beberapa bahaya yang perlu diwaspadai dari konsumsi makanan pokok ini. Apa saja bahayanya? Dilansir dari NDTV, ini dia bahaya dari makan nasi putih.

Kandungan Karbohidrat Sederhana
Kandungan Karbohidrat Sederhana
Nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang dapat memicu obesitas @Real Simple

Karbohidrat yang terkandung adalah jenis karbohidrat sederhana yang fungsinya untuk menambah energi pada tubuh manusia. Namun di sisi lain, kandungan ini bisa berbahaya karena dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh yang kemudian memicu cepat lelah hingga obesitas.

Proses Terlalu Banyak
Proses Terlalu Banyak
Proses terbentuknya nasi putih menyisakan kandungan yang menyebabkan diabetes @Medical News Today

Dalam prosesnya akan kehilangan banyak nutrisi untuk menjadi putih. Dan yang tersisa tinggal kandungan gula saja. Faktanya, 100 gram nasi putih sama dengan 86 gram gula. Wow, bisa bikin diabetes itu!

Baca Juga: Ajaib, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Buat Kamu Bahagia dalam Sekejap

Problem Pencernaan
Problem Pencernaan
Nasi putih mengandung sedikit serat yang sulit dicerna oleh lambung @Amazing Facts

Perlu diketahui bahwa nasi putih adalah salah satu makanan yang sulit dicerna oleh lambung. Akibatnya dari konsumsi yang berlebih adalah gangguan pencernaan. Tak hanya itu, kandungan seratnya juga rendah. Serat adalah nutrisi penting yang membantu melancarkan pencernaan sekaligus mencegah penyakit jantung.

Maka dari itu, buat kamu yang sudah terbiasa makan nasi putih, makanlah dengan secukupnya. Jika mengonsumsinya berlebihan, 3 bahaya di atas kemungkinan akan menimpa kita. Sangat dianjurkan untuk mengganti nasi putih dengan varian lain seperti nasi merah dan kentang.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar