Menghilangkan Jerawat
Jerawat juga ampuh diatasi dengan teh basi @More

MALANGTODAY.NET – Pemicu munculnya jerawat tidak hanya dari pola hidup yang kurang bersih dan hormon yang tidak stabil. Namun ternyata penelitian membuktikan bahwa hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor kurang tidur ataupun begadang.

Hal ini dikarenakan ada kaitan antara kurang tidur dengan kadar stress yang dimiliki seseorang. Ketika seorang manusia kehilangan waktu tidur selama satu jam saja, tingkat stress dalam tubuh akan bertambah hingga 14 persen. Angka yang lumayan besar bukan?

Saat kebutuhan tidur normal kurang terpenuhi maka kadar stress dalam tubuh juga akan bertambah. Begitupun saat stress, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Hormon ini berperan dalam mengatur tingkatan stress dalam tubuh. Hormon ini juga bisa menyebabkan kerusakan jaringan struktur dan kulit.

“Kebiasaan tidur larut malam dapat memperparah munculnya jerawat di wajah. Bahkan, hal ini juga dapat memicu masalah kulit lainnya seperti eksim, dermatitis kontak, hingga psoriasis, ujar asisten dosen klinis dermatologi SUNY Downstate Medical Center, Jessica Krant, MD, MPH dilansir dari WebMD melalui Kompas.com (25/1/2019),

Hal ini cukup senada mengingat jerawat adalah salah satu masalah kulit. Jerawat muncul karena ada peradangan dalam lapisan jaringan kulit.

Kemudian untuk meminimalisir terjadi hal ini bisa dengan tetap menjaga kualitas waktu tidur dalam ambang normal. Selain itu juga bisa dengan mengimbangi begadang dengan meminum air putih yang cukup dan rajin mencuci muka agar bakteri tidak banyak menempel di kulit wajah.

Sebenarnya masih ada rentetan dampak buruk akibat kurang tidur diantaramnya adalah juga meningkatnya kecemasan. Penelitian menyatakan demikian sebab ketika kurang tidur, otak akan mengalami kelelahan. Hal ini kemudian mengakibatkan otak sulit berpikir jernih hingga berakhir kecemasan yang tidak jelas asal-usulnya. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.