Awas, Jangan Sepelekan Luka Pada Tubuh Anda!‬
Luka pada tubuh @MalangTODAY.net/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Pernah megalami luka di tubuh? Lantas berpikir kalau luka tersebut akan sembuh dengan sendirinya? Tunggu dulu, simak baik-baik penjelasan dokter berikut ini.

Dokter spesialis luka Adisaputra, mengatakan bahwasanya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap penanganan luka secara umum masih rendah dan terkesan menyepelekan luka.

“Masyarakat kurang menyadari risiko akibat luka dan tidak tahu bagaimana cara merawat luka yang muncul,” kata Adisaputra dalam konferensi pers acara Indonesian Wound Summit di Jakarta, Sabtu.

Tidak berhenti pada masyarakat saja, Adi menilai bahwasanya pemahaman terkait penanganan luka yang benar juga belum menyeluruh pada tenaga kesehatan.

Adi pun mencontohkan penanganan luka kronis yang biasanya dialami oleh penyandang diabetes sering kali berakhir dengan amputasi.

“Beberapa kali pasien dengan luka kronis yang kami tangani tidak perlu diamputasi,” kata dia.

Adi menyebutkan 85% kasus amputasi diawali dengan luka yang kecil dan seharusnya bisa dicegah.

Direktur Marketing Pharma PT Kable Farma Tbk, Jihannes Suthya menyatakan penanganan luka di Indonesia cukup terabaikan. Terlebih pendekatan yang dilakukan dalam menangani luka terbilang masif primitif.

Oleh sebab itu, Suthya menyatakan bahwa Kalbe berkomitmen melakukan edukasi mengenai penanganan luka, bagi masyarakat umum maupun tenaga kesehatan melalui Indonesian Wound Summit.

‪”Forum edukasi penanganan luka ini merupakan satu-satunya kegiatan yang dilakukan oleh Kalbe kepada dokter spesialis di Indonesia yang diharapkan menjadi forum edukasi komprehensif,” katanya (Antara).

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here