Ilustrasi kram betis saat tidur (Hello Sehat)
Ilustrasi kram betis saat tidur (Hello Sehat)

MALANGTODAY.NET – Pernah terbangun dari tidur malam hari karena betis mengalami kram? Tentu tidak menyenangkan ya karena rasanya sangat sakit. Apalagi rasa sakit tersebut dengan cepat membangunkan kita dan membuat kita meronta kesakitan karenanya.

Umumnya, rasa sakit yang ditimbulkan berlangsung selama beberapa detik maupun menit. Meskipun begitu, efek kram tidak langsung hilang, masih ada kaku sedikit-sedikit. Lalu apa sih penyebab kram ini?

Sebelumnya perlu diketahui dulu pengertian kram otot. Kram adalah kondisi dimana otot berkontraksi secara tiba-tiba. Otot akan mengencang dan sakit apabila digerakkan. Untuk bangun dari berbaring saja sangat sakit rasanya.

“Karena otot tersebut sudah dalam keadaan memendek, kontraksi (pemendekan serabut otot) lebih jauh lagi akan menyebabkan otot tersebut mengalami spasme. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari, dialami dalam posisi tidur yang mana posisi lutut sedikit tertekuk dan kaki sedikit menghadap bawah,” jelas dr. Alvin Nursalim dilansir dari KlikDokter.com (29/7/2018).

Selain itu, penyebab kram diantaranya adalah kelelahan otot, suplai darah yang tidak memadai ke otot, dan tekanan saraf. Bisa juga karena seseorang tersebut mengonsumsi obat-obatan tertentu; mengalami dehidrasi; kurang mineral seperti Kalium, Kalsium, dan Magnesium; serta menderita gangguan tiroid.

Seseorang akan lebih rentan terserang kram betis ketika berada dalam kondisi seperti kekurangan zat besi, kaki bengkak akibat varises, hamil muda, gerakan tertentu yang tidak disadari saat tidur, cuaca dingin, dan olahraga berat.

Kemudian, untuk meminimalisir serangan kram betis ini bisa dilakukan dengan cara membatasi asupan kafein. Hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan dehidrasi

Disisi lain, bisa juga dengan mengonsumsi suplemen mengandung Kalsium, memperbanyak asupan buah seperti anggur dan jeruk, serta memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dilansir dari Obrolan Pagi Kosmonita Malang.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.