Ilustrasi siku kesetrum - istimewa
Ilustrasi siku kesetrum - istimewa

MALANGTODAY.NET – Ketika siku terbentur, seringkali kita merasakan sensasi sakit seperti kesetrum, benar? Nah, ternyata sensasi ini muncul karena salah satu saraf kita terbentur.

Saraf tersebut adalah saraf ulnaris yang terletak di siku. Saraf ini bisa dibilang minim perlindungan. Maksudnya, saraf tidak dilindungi oleh daging dan otot. Saraf ini hanya dilindungi oleh lemak dan kulit. Hal inilah yang membuat siku sensitif jika terkena benturan.

BACA JUGA: Jelang Kejurnas PBSI 2018, Para Atlet Pelatnas Dipulangkan

Seperti diinformasikan dalam channel Youtube Kok Bisa, rasa kesetrum berawal dari sistem saraf yang saling terhubung satu sama lain, dari leher hingga ujung jari. Fungsi sistem ini untuk merasakan sensasi rasa panas, dingin, kasar, halus, serta gerakan tangan dan kaki.

Ketika ada benturan di tangan, saraf langsung mengirimkan sinyal ke otak dan muncullah sensasi cenut-cenut mirip kesetrum itu. Selama saraf itu kaget, tangan kita rasanya kaku untuk digerakkan selama beberapa saat.

Saraf ulnaris di siku ini terbentang dari bahu hingga ujung jari kelingking. Sehingga tidak mengherankan jika rasa kesetrum itu menjalar di sepanjang lengan.Tapi tenang saja, bisa normal kembali kok.

BACA JUGA: Awas! Terjebak Macet Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Namun jika rasa kesetrum tidak kunjung hilang dalam hitungan menit, kamu patut waspada dan segera konsultasi ke dokter ya. Sebab, ada aktivitas tertentu yang membahayakan saraf siku dan menyebabkan saraf siku terjepit. Kondisi ini disebut cubital tunnel syndrome.

Beberapa aktivitas yang patut dihindari yaitu kebiasaan menyandarkan siku pada permukaan yang keras, menekuk siku dalam waktu lama, dan melakukan aktivitas berat yang menekan saraf ulnar.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...