Setelah Makan Jangan Melakukan 5 Kebiasaan Ini Ya, Berbahaya!
ilustrasi tidur setelah makan @virtual.co.id

MALANGTODAY.NET – Setelah menyantap makanan, biasanya setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri. Ada yang meminum teh, memakan buah, merokok, tidur, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu jika di antara kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata ada yang berbahaya loh. Agar kamu tahu kebiasaan apa saja yang berbahaya tersebut, lebih baik kamu simak ulasan MalangTODAY.net berikut ini!

Baca Juga: Permen Karet Tertelan, Memang Apa Sih Bahaya Sebenarnya Bagi Tubuh?

  1. Merokok
ilustrasi merokok @AFP

Ketika kaum adam merasa kenyang setelah makan, biasanya mereka tidak melupakan aktifitas merokok. Padahal, menurut pakar kesehatan merokok setelah makan adalah hal yang sangat dilarang. Bayangkan, merokok setelah makan sama saja dengan kamu menghisap rokok sebanyak 10 batang.

Selain itu, zat yang terkandung dalam rokok akan masuk ke dalam tubuh yang bisa memicu iritasi usus. Jika kebiasan ini terus kamu pelihara, maka kamu akna rentan dengan resiko kanker paru-paru dan kanker usus.

  1. Minum Teh
ilustrasi minum teh @shutterstock

Setelah makan memang paling nikmat dengan meminum es teh atau teh hangat. Tapi, sebaiknya jangan keseringan ya. Sebab daun teh bersifat asam yang bisa mempengaruhi proses pencernaan. Terlebih jika kamu baru saja mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Bulan Ramadhan Tiba, Nomor 3 Paling Bikin Heran

Zat asam tersebut dapat mengeraskan protein, sehingga makanan susah dicerna. Selain itu, the juga dapat menganggu penyerpan zat besi di dalam tubuh. Jai sebaiknya, minumlah the dengan jeda satu jam setelah makan.

  1. Makan Buah
ilustrasi makan buah @shutterstock/michaeljung

Kebanyakan dari kita pasti menganggap bahwa memakan buah setelah makan adalah hal yang baik. Namun hal ini  tidak sepenuhnya benar loh, sebab buah justru tidak mudah dicerna jika kamu mengkonsumsinya setelah makan. Sehingga, lebih baik makan buah terlebih dahulu sebelum makan. Dengan begitu makanan akan dapat tercerna dan nutrisi yang terkandung di dalam buah akan terserap dengan baik.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kenapa Manusia Menampung 70 Ribu Pikiran Setiap Harinya

  1. Tidur
ilustrasi tidur setelah makan @virtual.co.id

Akibat kekenyangan biasanya kamu merasa mengantuk. Apalagi jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, rasa kantukmu akan semakin menjadi. Rasa kantukmu ini tak jarang akan mengantarkanmu untuk tidur.

Nah, dalam dunia medis peristiwa ini disebut food coma. Tapi, kamu jangan sekali-kali untuk tidur. Pasalnya, makanan yang tadi telah kamu santap tidak dapat dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan perutmu membuncit dan sembelit.

  1. Mandi
ilustrasi mandi @harianriau.co

Setelah makan, metabolisme tubuh akan meningkat yang ditandai dengan naiknya suhu tubuh. Jika kita langsung mengguyur tubuh dengan air dingin, maka di permukaan kulit akan ada efek kejut. Hal ini akan menyebabkan sirkulasi darah melambat sehingga mempengaruhi kecepatan transport nutrisi dan mengganggu kerja sistem pencernaan. Akibatnya, kita akan mengalami kram perut.

Baca Juga: Ingin Bahagia di Kantor? Coba Saja 5 Cara Sederhana Ini!

Nah, mulai sekarang kurangilah kebiasaan-kebiasaan buruk setelah makan seperti di atas. Jika kamu hidup sehat siapa sih yang nggak bahagia kalau bukan diri kamu sendiri, iya kan?


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...