Jangan Makan Daging Buahnya Saja, Ini 3 Manfaat Memakan Serabut Putih Jeruk!
jeruk (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Jeruk merupakan buah yang dipercaya banyak mengandung vitamin C. Warna kuningnya yang menggoda, ditambah rasanya yang asam manis, membuat jeruk salah satu pilihan buah yang pas disantap saat terik-teriknya sinar matahari.

Tapi, untuk menikmati buah yang satu ini, selain kita mengupas kulitnya, terkadang kita juga menyingkirkan serabut putih yang menutupi daging jeruk karena kita tidak mau merasakan serabutnya yang pahit.

Baca Juga: Viral! Begini Cerita Tarian Erotis di Pantai Kartini Jepara yang Bikin Geger

Tapi tahukah kamu, jika sebenarnya di dalam serabut putih jeruk ternyata menyimpan beberapa manfaat. Manfaat ini pun tak kalah pentingnya dengan daging jeruk. Nah, kali ini MalangTODAY.net akan mengulas beberapa manfaat dari serabut putih jeruk. Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini;

  1. Sumber Vitamin C

Mengutip dari The Health Side, kandungan vitamin yang ada pada serabut putih jeruk ternyata sama dengan yang ada pada daging jeruk. Sehingga, dengan mengkonsumsi serabut putih jeruk akan menambah asupan vitamin C ke dalam tubuhmu.

Selain itu. Menurut Laura Flores, slah seorang ahli gizi di San Diego California menyatakan bahwa vitamin C pada jeruk berhubungan dengan penurunan resiko kanker kolon, sebab mencegah mutasi DNA untuk mengambil alih.

Baca Juga: Plagiarisme Mencuat, WR I UIN Ungkap Hubungannya dengan Prof Imam

  1. Sumber Antioksidan

Serabut putih jeruk mengandung salah satu jenis antioksidan yang bernama flavonoid. Flavonoid berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, anti inflamasi atau peradangan dan antimikrobial pada tubuh. Tak hanya flavonoid, serabut putih jeruk juga mengandung beta cryptoxanthin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit peradangan sendi.

  1. Sumber Serat

Mengutip dari Live Science, serat pada buah jeruk tidak terdapat pada seluruh bagian daging jeruk, melainkan juga terdapat pada bagian serabut putih. Jika kamu mengkonsumsi jeruk dengan serabut putihnya, kamu akan mendapatkan kandungan serat sampai 30%. Tak hanya itu, serabut putih jeruk juga mengandung pektin, yakni sebuah senyawa yang bermanfaat untuk mengontrol kadar kolestrol darah dan mengobati diare.

Baca Juga: Redam Kerusuhan, Ovan Tobing Dapat Pelukan dari Aremania

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat yang terkandung di dalam serabut putih jeruk. Jadi, biasakan mengkonsumsi jeruk dengan serabut putihnya ya!


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...