Ilustrasi @sindonews
Ilustrasi @sindonews

MALANGTODAY.NET – Jika ZensTODAY memunyai penyakit maag dan menjalankan ibadah puasa? Jangan sekali-kali mencoba menu-menu makanan berikut ini. Apalagi salah satu menu tersebut ‘yang identik dengan Malang’. Sebab, jika memaksa untuk memakannya, bisa dipastikan asam lambungmu naik dan membatalkan puasa.

Perlu diingat bahwa saat puasa kondisi perut dalam keadaan kosong. Hal itu sangat tidak baik jika langsung makan makanan yang mendatangkan masalah perut. Terutama makanan yang asam, pedas, dan mengandung lemak.

Lalu makanan apa saja yang harus dihindarai bagi penderita maag yang sedang berpuasa? Berikut ulasannya!

Makanan berlemak dan berminyak

Makanan ini akan sulit dicerna di dalam lambung. Sebab itu, penderita maag tidak dianjurkan makan makanan ini saat buka puasa maupun sahur. Kandungan lemak yang banyak membuat lambung bekerja keras untuk mencerna makanan ini.

Beberapa golongan makanan ini yang umum dijumpai adalah gorengan dan jeroan.

Buah-buahan dengan rasa asam

Buah memang kaya manfaat. Namun, bagi penderita maag dan sedang berpuasa sebaiknya hindari buah-buahan yang asam. Sebab, buah tersebut mengandung asam yang sangat tinggi sehingga memicu naiknya asam lambung.

Penderita maag perlu tahu buah-buahan tersebut, adalah nanas, mangga, belimbing, durian, dan belimbing wulu.

Makanan pedas

Menu makanan ‘yang identik dengan Malang’ adalah makanan pedas. Penderita maag biasanya sangat menghindari makanan yang satu ini.

Makanan pedas tidak hanya membuat perut tidak nyaman, tetapi juga bisa mengiritasi lambung. Penderita maag perlu menghindari sambal, cabai, saos pedas, dan semua makanan yang mengandung merica berlebih.

Susu full cream

Segelas susu memang sangat menyehatkan. Apalagi diminum saat buka ataupun sahur. Penderita maag sebaiknya menghindari minuman ini, karena tergolong sangat sulit dicerna oleh lambung. Hal inilah yang memicu maag kambuh. Minuman lain yang perlu dihindari adalah yang bersodan dan mengandung kafein.

Makanan yang mengandung alkohol

Makanan ini bukan merujuk pada minuman beralkohol, tapi lebih pada makanan yang difermentasikan, seperti tape singkong, tape ketan, atau manisan buah dan sayur. Makanan ini dipercaya mengandung alkohol dan tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita maag.

Kelima makanan di atas adalah makanan yang perlu dihindarai oleh penderita maag. Apalagi kamu Zens yang sudah mengidap maag akut, sangat tidak dianjurkan mengudap makanan-makanan di atas. Sayangi lambung, biar ibadah bisa menyambung! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.