Kamu Mahasisiwa? Lakukan Hal Ini Sebelum Libur Panajang Semester Tiba
Liburan panjang semester (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Liburan panjang semester merupakan hal yang paling di tunggu-tunggu oleh semua mahasiswa. Masa liburan yang terbilang cukup panjang ini sering dimanfaatkan mahasiswa untuk berlibur, bekerja dan tidak sedikit anak rantau kembali untuk mengobati kerinduan pada keluarga dan kota tercinta.

Eits, ingat sebelum kalian meninggalkan kampusmu dalam waktu yang cukup lama kamu harus menyelesaikan beberapa urusan kampsumu agar kamu bisa berlibur dengan tenang dan tidak terbayang-bayang dengan tanggungan ini itu.

Berikut empat urusan yang harus kamu lakukans sebelum menikmati libur panjang semester yang dilansir dari MalangTODAY dari IDN Times.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Ini Bikin Kamu Putus Cinta! Nomor 3 Ada di Malang!

1. Kembalikan buku perpustakaan sebelum libur panjang

Ilustrasi buku (Istimewa)

Tidak sedikit dari mahasiswa akan berfikir duakali jika diharuskan memiliki buku dengan membeli. Selain harga yang cukup mahal kadang mahasiswa berfikir buku hanya digunakan untuk mata kuliah itu saja.

Hal inilah yang membuat mahasiswa memanfaatkan perpustakaan untuk meminjam buku. Selain tidak ada biaya yang dikeluarkan, mahasiswa bisa mengembalikan sewaktu-waktu ketika buku sudah tidak digunakan.

Tapi yang harus diingat adalah mengembalikan buku sebelum liburan semester. Jangan sampai saat masuk semster baru tunggakan buku perpustakaan menggunung.

2. Selesaikan urusan administrasi

Ilustrasi administrasi (Istimewa)

Baca Juga: 4 Spot Instagramble Korea yang Ada di Indonesia

Sebelum meninggalkan kampus dalam waktu yang cukup lama pastikan urusan administrasi telah beres. Misalnya seperti pembayaran kuliah, laporan praktikum, surat menyurat, lembar evaluasi dan sebagainya. Jangan sampai keseruanmu berlibur diganggu oleh teror dari kampus.

3. Bereskan tumpukan kertas semester ini

Ilustrasi tumpukan kertas (Istimewa)

Selanjutnya yang harus kamu lakukan sebelum menghabiskan liburan di kota asal. Dalam satu semester pasti menghasilkan tumpukan kertas yang memenuhi kamar kos. Seperti buku catatan, ketas tugas, kertas ujian, handout materi bahkan contekan.

Nah, sebelum liburan ada baiknya bereskan dulu kertas dan bukumu. Pisahkan sekiranya mana yang akan dipakai lagi dan mana yang harus dibuang. Jika tumpukan kertas itu sudah tidak digunakan lagi, kamu bisa menjual ke pengepul kertas. Jasilnya lumayan untuk membeli oleh-oleh.

Baca Juga: Inilah 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Nomor 4 Paling Kece!

4. Bersihkan kamar kos sebelum ditinggalkan

Ilustrasi kamar kos (Istimewa)

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa ruangan yang tidak ditempati lebih dari 40 hari bisa saja menjadi tempat tempat tinggal hantu.

Nah, hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak-tidak, adalah dengan membersihakan kamar kos. Setidaknya kamu saat kamu kembali berlibur nanti kamarmu bersih dan tidak dijadikan sarang tikus, kecoa dan hewan lainya. Keempat cara tadi bisa kamu lakukan agar liburanmu tenang, selamat berlibur.


Kontributor: Ludwika Khusnaini
Editor       : Endra Kurniawan

Loading...