Penyerahan penghargaan seniman di Gedung Kesenian Cak Durasim Surabaya (Yoga)
Penyerahan penghargaan seniman di Gedung Kesenian Cak Durasim Surabaya (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka menyambut 99 hari program kerja Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) memberikan apresiasi kepada 120 seniman Jawa Timur.

Ketua Panitia, Yogi Ishabib mengatakan  apresiasi ini merupakan terjemahan dari ‘Jawa Timur Harmoni 2019’ yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.

“Kegiatan kita hari ini merupakan terjemahan Jatim harmoni yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024. Program apresiasi ini adalah upaya dari kami Dewan Kesenian Jawa Timur untuk menyambut program 99 hari program kerja Gubernur Jawa Timur untuk memberikan dana kehormatan bagi bapak dan ibu seniwati Jawa Timur,” ucapnya saat ditemui di Gedung Cak Durasim, UPT Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Gentengkali 85 Surabaya, Rabu, (24/04/2019) malam.

Yogi menjelaskan bahwa proses seleksi menitikberatkan pada karya, distribusi, sebaran karya, investasi karya, kekuatan atau keunggulan karya, konsistensi dalam berkarya, dan kontribusi karya untuk menunjang ekosistem seni yang baik di Jawa Timur.

“Jadi, masing-masing komite atau bidang mencalonkan 26 seniman melalui proses kurasi yang dilakukan oleh DKJT, sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditentukan,” lanjutnya.

Dia melanjutkan bahwa dari hasil kurasi tersebut, kemudian didapat 20 seniman dari tiap komite. “Jumlah total yang mendapat apresiasi sebanyak 120 seniman,” lanjutnya.

Dia juga menyampaikan harapan bahwa program ini mampu menjadi wadah perhatian terhadap kesenian di Jawa Timur.

“Momentum ini diharapkan bisa dilanjutkan, sehingga ekosistem seni budaya bisa berkembang dan ditunjang dengan kehidupan seniman yang lebih baik,” tambahnya.

Jumlah 120 seniman tersebut berdasar enam bidang, yakni seni rupa, musik, teater, tari, sastra, dan film. Masing-masing dengan rincian, 14 dinas kota/kabupaten untuk seni rupa, 13 kota/kabupaten untuk musik, dan 15 kota/kabupaten untuk tari.

Sementara tiga yang lain, yakni untuk teater ada 13 kota/kabupaten, sastra 20 kota/kabupaten, dan film ada 12 kota/kabupaten. “Semua seniman ini tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur,” tandasnya. (Arb/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.