MALANGTODAY.NET- Setiap hari orang pasti membutuhkan makan, namun tidak dengan dengan gadis satu ini. Manju Dharra, wanita India yang belum pernah makan makanan padat sejak lahir.

Wanita yang kini berusia 27 tahun dari sebuah kota kecil bernama Sonipat di dekat ibukota India, New Delhi, ternyata menderita kelainan langka yang disebut achalasia, yaitu selalu muntah tiap menyantap makanan padat. Manju mampu bertahan hidup dengan cara memimnum susu setiap hari.

Achalasia adalah kondisi di mana otot sphincter pada jantung (otot yang menutup pembukaan dari kerongkongan ke perut untuk mencegah refluks asam) tidak terbuka sama sekali. Sehingga, makanan tidak dapat masuk ke perut dan kerongkongan.Akibatnya, pasien dengan achalasia kesulitan dalam menelan makanan.

Penyakit achalasia sebenarnya bisa disembuhkan dengan cara operasi, sayangnya keluarga Manju tidak melakukannya karena tidak punya biaya yang cukup. Apalagi ia berasal dari keluarga besar, Manju mempunyai dua saudara laki-laki dan lima saudara perempuan.

meski Manju tak mengonsumsi makanan lain selain susu, teh, jus maupun air putih sebanyak 4-5 liter setiap harinya, namun anehnya ia memiliki tinggi badan di atas rata-rata untuk seorang wanita India. Dia juga tidak tampak lemah.

Meskipun orang tua Manju tidak mampu membayar pengobatan untuknya, tapi mereka mempunyai seekor sapi untuk menghasilkan empat sampai lima liter susu setiap harinya. Belum diketahui pasti apakah penyakit langka dari India juga terjadi di banyak negara.

Manju kini tinggal bersama orang tuanya, bersama dengan 2 saudara laki-laki dan 5 saudara perempuan.  Seluruh anggota keluarganya memiliki kondisi yang sehat dan tidak seorang pun yang menderita kelaian aneh seperti Manju.(btg/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda