Tumbuhan Mistis di Indonesia, Ada Ini di Rumahmu?
Ilustrasi tumbuhan di hutan @Reddit

MALANGTODAY.NET – Indonesia di balik kekayaan alamnya yang luar biasa juga menyimpan sejuta hal mistis yang menyimpan kisah-kisah tersendiri. Karena hal itu, beberapa benda bahkan bisa diasosiasikan kepada sesuatu yang mistis. Seperti misal adalah bangunan kosong, senjata keris, patung, dan lain sebagainya.

Hal serupa juga turut terjadi pada tumbuhan. Beberapa tumbuhan dipercaya menjadi simbol dari hal-hal mistis oleh masyarakat tanah air. Penasaran apa saja itu? Ini dia ulasannya dilansir dari Kaskus.

Pohon Jati

Pohon ini menjadi tumbuhan yang selalu dihargai mahal. Alasannya karena usianya yang mencapai ratusan tahun memungkinkannya ditempati oleh makhluk astral. Bahkan untuk menebangnya, diperlukan ritual-ritual khusus dan tak jarang memakan tumbal.

Pohon Beringin

Beringin dikenal sebagai pohon yang rindang karena daunnya yang lebat. Namun faktanya, pohon ini juga menyimpan aura mistis tertentu. Salah satu kisah yang terkenal adalah mitos dua beringin kembar di Jogja yang jika kita berjalan ditengahnya dengan menggunakan kain sebagai penutup mata, keinginan di hati akan terkabul.

Bunga Melati

Ini mungkin menjadi yang paling wajar. Aroma semerbaknya membuatu hati merasa damai. Namun jangan salah, tanaman ini menjadi media pengasihan tingkat tinggi yang dalam beberapa ritual sering dipakai dengan campuran bunga tujuh rupa untuk memanggil makhluk astral.

Bambu Kuning

Bambu kuning umumnya digunakan untuk ditanam di dekat hunian atau tempat usaha. Biasanya dijadikan pagar rumah-rumah mewah atau tempat usaha untuk menangkal aura hitam yang buruk.

Daun Sirih Wulung

Sirih wulung dipercaya merupakan salah satu bahan jamu untuk keluarga kerajaan masa kuno. Menurut kabar yang beredar, salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan daerah kemaluan para permaisuri dan selir kerajaan.

Tanaman Kelor

Saat isu kemunculan Buto Ijo meresahkan warga beberapa waktu lalu, daun kelor menjadi salah satu dagangan yang laris. Tanaman ini dipercaya sebagai penangkal genderuwo dan buto. Pernah booming ternyata, ya? (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.