Tradisi ‘Sungkem’ di Pernikahan Song Song Couple
Song Joong Ki dan Song Hye Kyo saat berada di pelaminan @ Instagram.com

MALANGTODAY.NET – Sebuah pemandangan tidak biasa, terlihat di prosesi pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Pasangan ini melakukan tradisi sungkem atau memberi hormat kepada orangtua Song Joong Ki.

Pasangan fenomenal Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menjadi suami istri, setelah mengucap janji suci pada Selasa (31/10). Dengan mengusung tema sederhana, keduanya tampak bahagia saat proses pernikahan berlangsung.

Terlihat Joong Ki berkali-kali mengusap tangan Hye Kyo dan tidak bisa melepaskan pandangan dari istrinya itu.

Kejadian lucu juga terjadi saat pelemparan buket bunga pernikahan. Hye Kyo kesulitan melempar bunga dari belakang. Wanita pemeran karakter Dokter Kang Mo-yeon ini, gagal empat kali melemparkan buketnya. Lemparannya terlalu pendek dari jangkauan penerima buket. Akhirnya, ia melemparkan buket bunga dengan cara menghadap ke depan.

Beberapa artis papan atas Korea Selatan dan luar negeri pun turut menghadiri pernikahan yang diselenggarakan di Hotel Shilla, Seoul tersebut.

Deretan artis papan atas Korea Selatan dan luar negeri @ Instagram.com

Mulai dari aktris asal Tiongkok, Zhang Ziyi, Park Go Bum, Minho ‘SHINee’, Kim Ji Won, Jo Zung Ha, Donghae ‘Super Junior’, Park Bo Young, Xiumin ‘EXO’, Junho ‘2PM’, dan masih banyak lagi.

Meskipun mengusung tema sederhana dan tidak menghadirkan seorang pendeta, Song Song Couple masih menyisipkan tradisi pernikahan Korea Selatan. Salah satunya adalah Pyebaek atau sungkem ala Korea Selatan.

Dilansir dari inikpop.com, Pyebaek atau tradisi memberi hormat (sungkem) adalah salah satu tahapan akhir dalam prosesi pernikahan tradisional Korea Selatan.

Jadi, kedua mempelai akan duduk bersama dan memberikan hormat kepada orangtua mempelai pria dengan cara membungkuk penuh (big bow) di hadapan mereka.

Setelah membungkuk, sang ibu mertua akan melemparkan buah jojoba kepada mempelai wanita. Hal ini sebagai simbolis agar mempelai wanita cepat mendapatkan keturunan.

Namun, Pyebaek atau sungkem ala Korea yang dilakukan oleh Song Song Couple sangat jauh berbeda dengan gaya tradisionalnya.

Pasangan ini hanya membungkuk sekitar 90 derajat di depan orangtua Joong Ki dan memeluk mereka.

Pyebaek Song Song Couple @ ent.ifeng.com
Memeluk seusai Pyebaek @ ent.ifeng.com

Hal ini terjadi karena konsep pernikahan yang sederhana dan modern, tetapi tidak meninggalkan unsur tradisionalnya.

Tren pernikahan sederhana di negeri gingseng tersebut, tampaknya sudah marak sejak tahun 2014 lalu.

Dulu, meriahnya sebuah pesta pernikahan akan menentukan status sosial seseorang. Namun, sebuah survei dari wedding planner di Korea, mengatakan bahwa banyak pasangan sengaja mengadakan pesta pernikahan sederhana untuk biaya bulan madu yang lebih besar. (Ans)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda