Sakti Abis! 5 Tokoh Legendaris Nusantara Ini Hilang Tanpa Jejak
Ilustrasi Moksa @Juru Sapuh

MALANGTODAY.NET – Dalam mitologi lama Jawa, ada satu istilah yang menjelaskan seseorang dapat mati tanpa meninggalkan jejak apapun. Istilah tersebut dinamakan moksa. Umumnya, moksa hanya mampu dilakukan oleh seseorang dengan kesaktian khusus dan tentunya di atas rata-rata.

Sejarah Tanah Jawa mencatatkan ada beberapa tokoh sakti mandraguna yang kabarnya berhasil mencapai moksa. Siapa saja mereka? Dilansir dari Boombastis.com, berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Cerita WNI Seputar Pornografi di Jepang, Pindah Yuk!

Prabu Siliwangi
Prabu Siliwangi
Arca Prabu Siliwangi @Historiana

Siliwangi menjadi raja Kerajaan Pajajaran yang paling disegani karena kesaktiannya. Karenanya pula ia berhasil membuat Negeri Sunda terkenal se-Nusantara. Namun sejak ajaran Islam mulai masuk tanah Jawa, ia memilih menyingkir dan melakukan tapa brata mencapai moksa. Sebelum pergi, ia berpesan kepada anak cucunya untuk bebas memeluk agama dan keyakinan apapun.

Prabu Brawijaya V
Prabu Brawijaya V
Patung Raja Brawijaya V @Sang Pencerah

Setelah kalah dari Jayabaya, Brawijaya V memutuskan untuk melarikan diri dan mengakhiri hidupnya dengan bertapa hingga moksa. Namun dalam versi lainnya, sebelum meninggal ia meminta Sunan Kalijaga yang masih cucunya itu untuk mengislamkan dirinya.

Baca Juga: Deretan Artis Dunia yang Sukses Pimpin Sebuah Wilayah

Prabu Jayabaya
Prabu Jayabaya
Ilustrasi Jayabaya @Rilis

Meski Kerajaan Kediri berjaya di bawah kepemimpinannya, Jayabaya memutuskan untuk meninggalkan kerajaan dan memilih menjadi bersembunyi merenungi rasa bersalahnya akibat membunuh saudaranya sendiri. Ia dikabarkan menjadi seorang pinilih yang membuatnya melalui kematian dengan cara moksa.

Semar / Sabdo Palon
Semar / Sabdo Palon
Semar Sabdo Palon @Supranatural News

Meski kerap dikabarkan sebagai tokoh fiktif, namun banyak yang mempercayai bahwa Semar adalah tokoh spiritual yang hidup di masa Prabu Brawijaya V. Ia merupakan salah satu yang kecewa karena keputusan rajanya memeluk agama Islam. Ia kemudian pergi, menghilang, dan mencapai moksa.

Baca Juga: Penganut Bumi Datar Gelar Konferensi Internasional untuk Bahas Ini

Gajah Mada
Gajah Mada
Patung Gajah Mada @Viralnesia

Hingga kini, Patih legendaris dari Kerajaan Majapahit ini masih belum jelas bagaimana ia mati. Hingga kini, kematiannya masih menjadi misteri. Meski demikian, beberapa sumber menyebutkan bahwa Gajah Mada mengalami sakit parah yang kemudian membuatnya meninggal dunia di tahun 1364.

Baca Juga  Kecanduan Seks Level Dewa, 5 Pria Ini Sudah Tiduri Ribuan Wanita Sepanjang Hidupnya. Kalah, ya?

Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...