HIM Damsyik dan 3 Tokoh Besar Indonesia Ini Dimakamkan di TPU Karet Bivak!
HIM Damsyik @Viva

MALANGTODAY.NET – Haji Incik Muhammad Damsyik atau akrab disapa HIM Damsyik merupakan salah satu seniman papan atas di Indonesia. Damsyik memulai karirnya sebagai penari profesional sebelum akhirnya merambah dunia peran dengan perannya yang sensasional sebagai Datuk Maringgih di sinetron Siti Nurbaya di tahun 1992.

Damsyik berpulang tepat hari ini di tahun 2012 lalu. Karirnya sebagai seniman tanah air akan selalu dikenal lewat film-filmnya yang sejak tahun 1965 hingga 2011. Ia dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Berbicara mengenai TPU Karet, Damsyik bukan satu-satunya tokoh besar yang disemayamkan di pemakaman umum tersebut. Tercatat, beberapa nama dari pahlawan nasional, seniman, hingga dai kondang pun dimakamkan di sana. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

Fatmawati
Fatmawati
Potret kemesraan Fatmawati (kanan) dan Soekarno @Grid

Fatmawati adalah ibu negara pertama Indonesia. Ia merupakan istri Presiden Soekarno dan sosok yang pertama kali menjahit bendera merah putih pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 17 Agustus 1945. Ia diketahui meninggal karena serangan jantung dalam perjalanan pulang umroh dan dimakamkan di TPU Karet.

Chairil Anwar
Chairil Anwar
Lukisan Chairil Anwar @Medcom

Chairil merupakan salah satu sastrawan besar yang berpengaruh di dunia kesusastraan tanah air. Sebelum kematian menjemput, ia bahkan telah membuat prediksi bahwa dirinya akan dimakamkan di TPU Karet dalam salah satu puisinya. Sebagai seniman berpengaruh, ia terbilang mati muda di usia yang masih matang, 26 tahun.

Jefri Al Buchori
Jefri Al Buchori
Jefri Al Buchori @Artikel Saya

Ustad Jefri atau yang akrab disapa Uje adalah salah satu tokoh besar yang juga dimakamkan di TPU Karet. Penceramah ini tutup usia di usia 40 tahun dalam kecelakaan tunggal di kawasan Pondok Indah, Jakarta. Sempat menjalani perawatan, nyawa Uje tak tertolong. Jenazahnya kemudian disalatkan di Masjid Istiqlal. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.