Tanggapi Isu Toa Masjid, Komedian Ini Diancam Mati!
Pandji Pragiwaksono dan Deddy Corbuzier @Wow Keren

MALANGTODAY.NET – Permasalahan toa masjid beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan. Hal ini memancing komentar dari banyak pihak. Salah satunya adalah komedian Pandji Pragiwaksono. Ia menilai bahwa toa masjid belakangan ini sudah terlalu sering disalahgunakan. Padahal, ada regulasi dari pemerintah yang mengatur tentang keberadaan toa masjid.

Hal ini sontak memicu amarah sebagian warganet Indonesia. Banyak dari mereka menilai bahwa Pandji tak pantas berkomentar seperti itu karena ia juga seorang muslim. Bahkan, stand up comedian itu sampai pernah mendapatkan ancaman mati karena komentarnya itu.

Baca Juga: Ahmad Dhani Minta Polisi Tangkap Penolak Gerakan 2019 Ganti Presiden

Dalam kanal YouTube milik presenter kawakan Deddy Corbuzier, Pandji diundang untuk berbincang-bincang sekaligus mengklarifikasi komentarnya seputar toa masjid tersebut. Komedian kelahiran Singapura tersebut sebenarnya tidak membahas bahwa ia tidak menyukai suara yang keluar dari toa masjid.

Sebenarnya, ia hanya membahas seputar penyalahgunaan toa masjid yang sudah sangat membudaya di masyarakat sehingga pada akhirnya mereka terbiasa. Padahal, ada regulasi tertentu yang harus diperhatikan tentang toa masjid ini.

“Misalnya, janjian sama ibu-ibu pengajian hari ini pakai kerudung orange. Gitu. Anak-anak belajar ngaji sebenarnya tidak ada dalam aturan. Tapi yang dipermasalahkan itu, lagi belajar ngaji, rebutan microphone sampai berantem,” tukas Pandji memberi permisalan kasus.

Hal senada turut diamini oleh Deddy. Ia juga berpendapat bahwa masalah ini sudah menjadi adat istiadat masyarakat yang sukar sekali untuk dihilangkan. Namun ia pendapat lain, terutama seputar penggunaan pengeras suara masjid untuk membangunkan sahur. Hal ini mengacu pada permasalahan lain, semisal jika ada orang sakit di tempat sekitar itu.

“Jadi berbuat baik di sini, jadi ada masalah lain. Jadi sebenarnya boleh digunakan untuk kepentingan yang benar,” tutur Deddy.

Tanggapi Kasus Meiliana, Pandji: “Ini Masalah Identitas”

Tak cukup sampai situ, mereka berdua turut berdiskusi seputar kasus yang menimpa Meiliana, seorang ibu yang dipenjara karena dianggap memprotes keberadaan pengeras suara masjid.

“Permasalahannya bukan masalah agama, tapi masalah sosial. Soal nggak tahu cara protes dengan enak, dan orang yang menerima protesnya tidak memroses protesnya itu dengan bijak,” ujar komedian yang tengah melakukan tur stand up comedy keliling dunia ini.

Baca Juga  Diduga Lecehkan Islam, Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi

Baca Juga: Konyol! Mentang-Mentang Aparat, Polisi Ini Serobot Pintu Tol Pengemudi, Viralkan!

Kemudian, presenter Hitam Putih ini mengajukan pertanyaan yang cukup sensitif. Ia mempertanyakan tentang agama yang belakangan ini selalu dijadikan permasalahan. Pandji dengan tegas membantah karena yang jadi masalah itu bukanlah agama, justru identitas. Tak hanya agama, ia juga mengambil contoh LGBT sebagai identitas yang akan sangat sensitif jika diusik.

“Identitas sekarang jadi sesuatu yang besar kalau lu usik sedikit orang akan emosi,” jelasnya.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...