Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini juga Keluar dari PBB
Ilustrasi pidato Soekarno di PBB @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Pada 7 Desember 1965, Indonesia mundur dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-bangsa. Kemuduran Indonesia dari PBB ini diduga kuat dipicu konfrontasi Indonesia dengan Malaysia.

Namun 10 tahun kemudian, pada 1966 Indonesia kembali masuk ke dalam keanggotaan PBB. Karena itu, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang pernah mengundurkan diri dari keanggotaan PBB.

Nah, selain Indonesia, berikut ini lima negara yang juga keluar dari PBB. Namun tak seperti Indonesia yang kembali bergabung, lima negara ini tidak kembali mengirim perwakilannya.

Republik Tiongkok (ROC)

Negara ini sebelumnya pernah tergabung sebagai anggota namun akhirnya keluar dari PBB pada tahun 1971. Hal ini dipicu oleh perah saudara yang membuat negara tersebut kehilangan kontrol terhadap daratan Tiongkok. ROC kemudian berganti menjadi Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Meski sempat ditawari untuk kembali menjadi anggota, ROC tetap enggan bergabung lagi.

Cekoslowakia

Ceko bergabung dengan PBB pada 24 Oktober 1945. Namun karena perpecahan yang terjadi negara ini keluar dari PBB pada 31 Desember 1992. Dua negara yang saling berebut status negara penerus tunggal, Ceko dan Slowakia kembali masuk PBB pada 19 Januari 1993.

Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur)

Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dan Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) masuk sebagai angggota PBB pada 18 September 1973. Karena penyatuan wilayah dengan Jerman Barat, Jerman Timur dinyatakan tidak lagi ada. Oleh sebab itu, perwakilannya yang ada di PBB juga diberhentikan.

Uni Soviet

Uni Republik Sosialis Soviet atau Uni Soviet bergabung dengan PBB pada 24 Oktober 1945. Negara ini kemudian dibubarkan pada tahun 1991. Dalam sebuah surat yang tertanggal 24 Desember 1991, perwakilan dari negara ini di PBB akan dilanjutkan oleh Federasi Rusia. Selain itu, sebelas negara lainnya yang dulu tergabung dalam Uni Soviet kembali bergabung dengan PBB.

Republik Demokratik Yaman

Sama dengan negara-negara sebelumnya, negara ini kini telah tiada. Pasalnya, setelah menyatukan diri dengan Yaman Utara, negara ini berubah nama menjadi Yaman. Yaman hingga kini masih tergabung dengan PBB.


Penulis: Kistin S
Editor: Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.