Wartawan Hingga Pengusaha, Ini Sosok Bondan ‘Maknyus’ Winarno
Bondan Winarno @ Instagram.com/maknyusbw

MALANGTODAY.NET – Jagat kuliner Indonesia kehilangan sosok egenda yang menjadi panutan penjelajah kuliner. Bondan Winarno meninggal di usia yang ke-67 tahun pada Rabu (29/11).

Sebelumnya, pria yang dikenal berkat tagline ‘Maknyus’ nya ini dikabarkan menjalani perawatan di rumah sakit. Dirinya juga aktif membalas beberapa pesan penggemarnya di Twitter dan mengupdate perkembangan kesehatannya.

Terlepas dari apa yang dialami olehnya, pak Bondan dikenal sebagai orang yang multitasking.

Nggak cuma jalan-jalan dan mencicipi makanan di Nusantara dan luar negeri, pak Bondan juga pernah menjalani berbagai profesi.

Yuk simak selengkapnya tentang tujuh fakta menarik tentang Bondan ‘Maknyus’ Winarno

  1. Arek Suroboyo

Nggak banyak yang tau kalau pak Bondan ini asli Surabaya. Pemilik nama lengkap Bondan Haryo Winarno ini lahir di Surabaya, 29 April 1950. Dirinya mulai hijrah ke Semarang, saat menempuh studi di Fakultas teknik, Jurusan Arsitektur, Universitas Diponegoro, Semarang.

  1. Hobi Menulis

Pak Bondan ini hobinya menulis. Mau di pesawat, di kamar, di mobil, dimana pun ia bisa menulis. Selain itu, dirinya juga sering ikut lomba menulis atau lomba cerpen di berbagai majalah. Nggak sedikit juga, tulisannya dimuat di media cetak ternama.

  1. Wartawan Senior

Bondan Winarno senang sekali dengan ruang lingkup media. Setelah menjadi fotografer untuk Puspen hankam di tahun 1970, dirinya menjadi wartawan dan melakukan liputan ke berbagai negara. Nah, dalam perjalanannya ini, Bondan menuliskan kisahnya di cerpen berjudul Gazelle.

  1. Anggota Pramuka

Selain aktif di dunia media, Bondan muda juga aktif di kegiatan sosial seperti Pramuka. Sekitar umur 16 atau 17 tahun, Bondan muda menerima penghargaan Baden Powell Adventure Award, ketika memimpin regu Indonesia dalam Boy Scouts World Jamboree di Farragut State Park, Idaho, Amerika Serikat.

  1. Pelopor sekaligus ketua komunitas Jalan Sutra

Bondan dikenal sebagai pencetus sekaligus ketua komunitas Jalan Sutra, sebuah komunitas wisata boga yang terkenal di seluruh Indonesia. Jalan Sutra merupakan wadah buat pakar-pakar dan orang-orang yang berkecimpung di dunia kuliner.

  1. Pengusaha

Wartawan, Pramuka, sama Kuliner udah dijajah sama pria berambut sedikit plontos ini. Ternyata dirinya juga tertarik sama dunia entrepreneur. Ia membuka usaha makanan laut yang ada di Amerika Serikat, bernama Presiden Ocean Beauty International. Selain itu, di Indonesia, Bondan membuka usaha kedai kopi bernama Kopitiam Oey.

  1. Maknyus!

Nah, karena kesukaannya di bidang kuliner, Bondan dipercaya untuk menjadi pembawa acara sebuah tayangan kuliner, yaitu Wisata Kuliner. Sepanjang dirinya mencicipi makanan, ia selalu mengeluarkan tagline atau jargon ‘Maknyus’ sebagai tanda makanan tersebut nikmat. Hingga akhir hayatnya, tagline itu tetap melekat di dalam dirinya.

Bondan ‘Maknyus’ Winarno meninggal dunia pada pukul 09.15 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Slipi, Jakarta Barat. Kepergiannya meninggalkan duka bagi seluruh warga Indonesia dan orang-orang terdekatnya.

Selamat jalan pak Bondan Winarno. Terima kasih telah me-maknyus-kan dunia kuliner. (Ans)

Loading...