Baru Bebas Sebentar, Ridho Rhoma Masuk Penjara Karena Narkoba!
Ridho Rhoma (tengah) saat dijerat kasus narkoba @Breakingnews

MALANGTODAY.NET – Putra raja dangdut Rhoma Irama, Ridho Rhoma, sempat mengirup udara bebas lantaran kasus penyalahgunaan narkoba yang membelitnya pada tahun 2017 silam. Namun kabar terbaru, Ridho diharuskan kembali meringkuk di penjara lantaran vonis dalam kasus sebelumnya tidak diterima oleh jaksa.

Dilansir dari DetikNews, Senin (25/3/2019), sebelumnya Ridho diamankan oleh pihak berwajib karena kedapatan memiliki narkoba jenis sabu seberat 0,7 gram. Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar) menetapkan pidana selama 10 bulan. Dalam rentang waktu itu, terdakwa harus menjalani rehab medis dan sosial di RS Ketergantungan Obat (RSKO) selama 6 bulan 10 hari.

Namun jaksa ternyata tidak menerima vonis tersebut. Alasannya karena perlu adanya perbaiki dalam poin kualifikasi kejahatan Ridho beserta durasi penahanan yang dijatuhkan pada tersangka. Jaksa sempat mengajukan banding dan kandas sehingga membuatnya harus mengirimkan kasasi.

“Menurut majelis hakim kasasi putusan judex facti perlu diperbaiki mengenai kualifikasi tindak pidananya dan mengenai lamanya pidana yang dijatuhkan kepada Terdakwa M. Ridho Rhoma Irama,” tutur juru bicara Mahkamah Agung (MA), hakim agung Samsan Nganro.

Kemudian MA memperbaiki kualifikasi kejahatan yang dibebankan Ridho menjadi ‘Penyalaghuna Narkotika Golongan I Bagi Diri Sendiri’. Penetapan itu dipimpin sendiri dalam majelis yang dipimpin oleh hakim agung Samsan Nganro dengan anggota majelis hakim agung Margono dan Eddy Army.

“Pidananya menjadi 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan penjara. Jadi, walau Terdakwa telah menjalani rehabilitasi namun dia harus masuk pejara lagi untuk menjalani sisa pidananya sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) pada tingkat kasasi tersebut,” terang Andi Samsan.

Putusan itu kemudian membuat Ridho kembali meringkuk di penjara. Kebebasan sejenak yang diperolehnya pada akhirnya kandas. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.